Bawaslu Ajak Masyarakat Terlibat Aktif Awasi Pemilu

Muri_Setiawan    •    Senin, 02 April 2018 | 19:39 WIB
Pilkada
Edi Irwan, Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel. (foto: Wow Babel)
Edi Irwan, Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel. (foto: Wow Babel)

WOWPOLITIK - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), gencar menggaungkan slogan mereka yakni "Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu". 

Slogan yang berfilosofi, jika Pemilu milik seluruh rakyat Indonesia tersebut, bertujuan agar keterlibatan masyarakat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kian kuat, karena partisipasi masyarakat sangat penting dalam menciptakan Pemilu yang demokratis dan berkualitas.

Hal itu pula yang giat dilakukan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Seperti yang dikatakan Ketua Bawaslu Kepulauan Babel, Edi Irwan, kepada wowbabel.com, Senin (2/4/2018).

"Dengan slogan Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu, Bawaslu ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu," kata Edi Irwan.

Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat agar Pilkada bisa berjalan lancar dan sesuai harapan. Salah satunya, menyampaikan kepada pihaknya terkait segala bentuk pelanggaran yang dilakukan peserta Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019 mendatang.

Edi mengatakan, pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan peserta Pilkada dapat diminimalisir, bahkan dapat dicegah, hingga peserta akan berpikir ulang untuk melakukan kecurangan.

"Masyarakat dapat ikut terlibat, mulai dari setiap tahapan dimulainya Pilkada. Se



1   2      3