KPU Babel Targetkan 80 Persen Tingkat Partisipasi Pemilih

Abeng    •    Minggu, 22 April 2018 | 14:10 WIB
Pilkada
Pagelaran seni budaya Provinsi Babel Menyongsong Pemilu 2019 di halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Sabtu (21/4/2018) malam. (foto:albana/wowbabel)
Pagelaran seni budaya Provinsi Babel Menyongsong Pemilu 2019 di halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Sabtu (21/4/2018) malam. (foto:albana/wowbabel)

WOWPEMILU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Fahrurozi mentarget tingkat partisipasi pemilih di Babel meningkat. Targetnya menjadi 80% dibandingkan Pemilu maupun Pilkada yang pernah digelar.

"Kita harapkan pada Pemilu 2019 di Bangka Belitung partisipasi meningkat menjadi 80 persen, kalau Pemilu maupun Pilkada yang sudah digelar rata-rata cuma 68 persen partisipasi pemilih," kata Fahrurozi alias Oji saat malam pagelaran seni budaya Provinsi Babel Menyongsong Pemilu 2019 di kawasan Kantor Walikota Pangkalpinang, Sabtu (21/4/2018) malam.

Guna mendorong partisipasi pemilih ini, kata Oji, pihak penyelenggara KPU dan jajarannya hingga ke desa diminta untuk bekerja secara profesional dan gencar bersosialisasi.

Demikian pula dengan partai politik, harapan Oji agar parpol menawarkan kader terbaik sebagai calon anggota legislatif (caleg) di DPRD dan DPRI.

"Dengan hadirnya kader terbaik yang dimiliki partai politik sebagai caleg, menjadi harapan masyarakat sehingga masyarakat berpartisipasi aktif," kata Oji.

Dia menambahkan, KPU berusaha semaksimal mungkin untuk bersikap transparan kepada publik agar lembaga ini dipercaya masyarakat sebagai penyelenggara yang profesional.

"Tiap tahapan kita selalau transparan melalui sistem yang bisa diakses masyarakat, mulai dari tahapan pencalonan hingga  hasil yang bisa diketahui lansung masyarakat di TPS," ujar Oji yang juga berharap lembaga seperti Bawaslu untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu yang berkualitas.

Malam Pagelaran Seni Budaya Menyongsong Pemilu Serentak 2019 digelar serentak di 34 provinsi dan 514 KPU kabupaten/kota se Indonesia.

Syahrudin, Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum Gubernur Babel yang menghadiri acara malam kemarin menyampaikan bahwa indeks demokrasi di Provinsi Kepulauan Babel pada dua tahun terakhir menunjukkan tren positif, Babel berhasil meraih dua terbaik di seluruh Indonesia.

Hal ini, kata Syahrudin, menunjukkan bahwa suasana iklim demokrasi yang ada di Provinsi Kepulauan Babel berlangsung cukup baik dibandingkan dengan daerah-daerah lain.

"Suasana kehidupan berdemokrasi di tempat kita dengan indikator antara lain tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih kemudian sengketa Pilkada yang berujung kepada Mahkamah Konstitusi jarang terjadi. Tren positif ini mungkin suatu saat penyelenggaraan demokrasi yaitu pemilihan umum di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat meraih yang terbaik di Indonesia," papar Syahrudin pada.acara yang dihadiri Wakapolda Babel dan perwakilan 16 parpol peserta Pemilu 2019 di Provinsi Babel. (na)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL