Ini Ancaman Kapolri Kepada Pengedar Miras Oplosan

Endi    •    Rabu, 25 April 2018 | 21:25 WIB
Nasional
Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.(dag)
Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.(dag)

"Kita akan coba konstruksi kan dengan pasal-pasal rencana pembunuhan agar pelaku ada efek jera. Sekalipun ada oknum yang back up akan kita proses

 

WOWPANGKALPINANG -- Maraknya peredaran miras oplosan yang mengakibatkan puluhan nyawa melayang sia-sia di beberapa daerah, membuat institusi kepolisian gerah dan berencana menjajaki kemungkinan pengenaan pasal pembunuhan berencana bagi pembuat dan pengedar miras oplosan.

Hal ini dilakukan untuk memberikan effeck jera sekaligus memberantas peredaran miras oplosan.

Untuk itu, seluruh jajaran kepolisian sudah diinstruksikan untuk melakukan upaya-upaya preventif maupun penegakan hukum, guna memberantas peredaran miras oplosan yang telah banyak menimbulkan korban jiwa.

Upaya preventif yang dimaksud tersebut, juga melibatkan seluruh komponen masyarakat mulai dari tokoh agama tokoh masyarkat, hingga para orangtua.

Disamping itu upaya seperti pelaksanaan razia-razia di tempat-tempat yang diduga banyak dijadikan ajang pesta miras, termasuk meminimalisir peredaran miras oplosan maupun miras ilegal lainnya.

Sedangkan upaya penegakan hukumnya, Polri tengah menjajaki kemungkinan pengenaan pasal pembunuhan berencana bagi pembuat dan pengedar miras oplosan, karena telah dengan sengaja melakukan perbuatan yang dapat mengakibatkan orang lain meninggal dunia.

"Kita akan coba konstruksi kan dengan pasal-pasal rencana pembunuhan agar pelaku ada efek jera. Sekalipun ada oknum yang back up akan kita proses," kata Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen (Pol) M Iqbal, saat mendampingi Kapolri Tito Karnavian, disela-sela kunjungan ke Polda Babel, Rabu (25/4/2018).

"Kita melakukan komunikasi kepada elemen masyarakat seperti RT, RW, para ulama, tokoh agama, guru sekolah, dan sampai dengan orang tua," tambahnya.

Tentunya, pengenaan pasal pembunuhan berencana ini dapat mengakibatkan tersangka pelaku pembuatan dan pengedar miras oplosan ini, dapat dituntut dengan pidana mati.

"Kita imbau kepada masyarakat agar bersama-sama memerangi miras, dan miras oplosan. Kita lakukan razia-razia di manapun itu, baik ilegal dll kita kumpulkan dan musnahkan dengan mekanisme yang ada," tukasnya.(dag)

 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL