Menuju Rasio Elektrifikasi 99 Persen pada 2019

Tim Wow    •    Jumat, 27 April 2018 | 13:00 WIB
Tekno
ilustrasi
ilustrasi

WOWNASIONAL - Sebanyak 70 Kepala Keluarga (KK) di Pulau Nangka, Desa Tanjung Pura, Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sudah bisa menikmati listrik secara penuh, pasca adanya Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berkapasitas 2×100 kilo Watt (kW) di pulau tersebut.

“Akhirnya Pulau Nangka terang benderang,” kata Alie, kepala Dusun Pulau Nangka seperti dilansir dari laman resmi esdm.go.id.

Warga di Pulau Nangka sebelumnya menggunakan penerangan dengan bahan bakar minyak tanah.

“Masyarakat di sini rata-rata mata pencahariannyanelayan. Habis maghrib, sebatas jam 7 anak-anak sudah tidur. Mereka tidak bisa mengulangi pelajaran di sekolah karena penerangan terbatas,” ungkap Alie.

Di tempat berbeda, Jefri, salah satu siswa SDN Pukung Wonorejo, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan mengatakan, “Sebelumnya kalau malam saya pakai lampu pelita untuk belajar. Sekarang bisa menggunakan lampu tanpa takut sakit mata,” ujarnya.

Memang, tidak mudah menghadirkan listrik di desa-desa tersebut. Pemasangan jaringan listrik seringkali terhambat kondisi alam dan geografis yang tidak mendukung.

Perjuangan berat dalam mengalirkan listrik ke Dusun Panassang, Desa Tallu Bamba, Kecamatan Enrekang, Sulawesi Selatan diceritakan seorang guru SD bernama Tila Paire.

“Selama proyek ini jalan, kami bahu-membahu menggotong tiang kurang lebih 60 kg dari Kalidong (dusun tetangg



1   2      3      4