Lulusan SMA Bisa Kuliah Dengan Beasiswa Berkah

ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

WOWPANGKALPINANG -- Bagi lulusan SMA/SMK di Bangka Belitung tahun 2018 yang terkendala dana untuk melanjutkan pendidikan tinggi jangan berkecil hati. Pemerintah Provinsi Babel menyiapkan dana beasiswa kepada lulusan SMA yang tak mampu itu untuk kuliah di pendidikan tinggi swasta maupun negeri di Provinsi Babel.

Program beasiswa ini namanya Kartu Beasiswa Babel Berkah. Seluruh biaya kuliah dari mulai masuk hingga selesai ditanggung pemerintah provinsi.

“Kartu beasiswa Babel Berkah untuk anak-anak kurang mampu yang tidak menerima KIP. Harapannya agar tidak ada yang tidak sekolah karena faktor ekonomi. Kartu Babel Berkah hanya untuk melanjutkan ke perguruan tinggu di Babel,” kata M Soleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, Kamis (3/4/2018).

Calon penerima beasiswa adalah lulusan SMA yang diprioritaskan adalah anak yatim piatu, yatim, dan orangtua secara ekonomi tidak mampu. Calon peserta akan diseleksi oleh perguruan tinggi yang dituju.

“Jadi untuk biaya pendidikan anak yatim piatu dan anak yatim akan ditanggung menggunakan program tersebut. Tak hanya itu, beasiswa juga diberikan kepada siswa kurang mampu yang ingin melanjutkan sekolah di perguruan tinggi. Terutama untuk perguruan tinggi yang ada di Bangka Belitung,” ujar Soleh.

Tidak saja beasiswa khusus bagi calon mahasiswa di PT Babel, tahun inipun pemerintah provinsi menyiapkan beasiswa untuk perguruan tinggi di luar Babel. Hanya saja beasiswa ini sudah ada jurusan dan perguruan tinggi yang dituju yaitu untuk tenaga guru SMK sebanyak 19 orang di Universitas Negeri Yogyakarta dan 4 orang di Politeknik UI. Sedangkan di luar guru tersedia 10 calon peserta di STIE Tazkiya Bogor.

“Untuk ke STIE ini kelanjutan dari tahun sebelumnya dalam rangka kita menyiapkan tenaga perbankan yang rencananya akan membuka bank daerah berbasis syariah. Tahun lalu juga sudah dimulai sebanyak 40 orang,  namun tahun ini berkurang karena keterbatasan dana,” kata Soleh.

Program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah provinsi ke perguruan tinggi  di luar negeri masih dalam proses persiapan kerjasama. Rencananya pemerintah provinsi bekerjasamaa dengan 40 perguruan tinggi di Taiwan untuk  147 orang lulusan SMA. 

“Bagai anak-anak lulusan SMA tidak ada yang tidak kuliah maka ada bea siswa dari pemerintah provinsi untuk membantu mereka yang terkendala dana,” ujar Soleh. (*)

 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL