Menanti Kejutan di Final Liga Champions

Tim Wow    •    Senin, 07 Mei 2018 | 11:43 WIB
Sport
ilustrasi
ilustrasi

WOWBOLA - Fans El Real harap-harap cemas, lantaran pemain bintang Los Blancos, Cristiano Ronaldo mengalami cidera pergelangan kaki (engkel) usai dihajar Gerard Pique di laga El Clasico di Camp Nou, Senin (7/5/2018) dini hari. Meski di pertandingan itu CR7 mencetak gol penyeimbang di menit ke-15, mega bintang tersebut harus ditarik keluar lapangan dan digantikan Marco Asensio di awal babak kedua. Madrid dan Barca harus berbagi angka di pertandingan terpanas di Liga Spanyol-La Liga itu dengan hasil akhir 2-2.

Real Madrid akan melakoni puncak sepakbola di benua biru yakni Champions League melawan Liverpool di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev Ukraina, 26 Mei 2018.

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane mengaku, dirinya tidak terlalu mencemaskan cidera kaki Ronaldo setelah penyerang asal Portugal itu tidak dapat melanjutkan permainan ketika timnya bermain imbang 2-2 di markas seteru abadi Barcelona.

"Kondisinya saat ini tidak bagus, namun menurut saya itu akan menjadi hal kecil, hanya sedikit benturan, jangan cemaskan soal final (liga Champions), dia akan main di sana," kata Zidane pada konferensi pers dikutip dari Marca.

 "Saya tidak dapat mengatakan berapa lama ia akan absen, mungkin besok ia akan menjalani pemindaian, namun menurut saya itu merupakan hal kecil untuknya. Kami tidak cemas mengenai final, kami semua akan berada di sana," jelasnya.

Sementara, Liverpool kedatangan pemain asal Red Bull Leipzig, Naby Keita yang mulai bergabung bersama The Reds di musim panas mendatang dengan nilai kontrak mencapai 65 juta euro.

"Membawanya ke makan malam dan mengatakan: 'Anak-anak, dia akan bermain untuk kalian pada musim depan!'. Tidak masalah, saya akan pikirkan lagi," ujar Manajer Liverpool, Juergen Klopp dikutip dari Sportsmole.

"Saya baru kepikiran, jika Naby membaca beritanya dan dia tertarik, silakan. Yang penting adalah kehadirannya musim baru nanti bisa memberikan efek positif kepada tim," imbuhnya.

"Satu hal lagi, karena dia tidak bermain di Piala Dunia, itu adalah hal bagus buat dirinya karena ia bisa lebih menyiapkan diri bersama kami," pungkasnya

El Real Ungguli The Reds

Data yang diperoleh dari Soccerway, Real Madrid dan Liverpool dalam pertemuan 4 kali mereka di Liga Champions dengan hasil sama-sama dua kali mengoleksi kemenangan. Pertemuan  pertama di 26 Februari 2009 The Reds menang 1-0 melalui gol Benayoun di menit 82. Lalu menang dengan angka telak 4-0 di 11 Maret 2009, gol dicetak Fernando Torres (16’), Steven Gerrard (28’ dan 47’) dan ditutup oleh A. Dossena di menit ke 88.

Namun, pada 23 Oktober 2014, Madrid kembali membalikkan keadaan membekuk The Reds 3-0, melalui gol Cristiano Ronaldo di menit ke 23, disusul Karim Benzema di menit ke 30 dan 41. Lalu 1-0 menang di pertandingan tanggal 5 November 2014, melalui gol tunggal Karim Benzema di menit ke 27.

Catatan kedua tim di liga domestik, dimana Madrid dalam 4 pertandingan terakhir dua kali memetik kemenangan atas Malaga (1-2) dan Leganes (2-1), dua pertandingan lainnya draw yakni saat menjamu Athletic Bilbao dengan skor 1-1 dan terakhir pada tanggal 7 Mei 2018 dalam kontra El Classico melawan Barcelona 2-2.

Sementara Liverpool, juga memetik 1 kemenangan, 1 kekalahan dan 2 draw di Premiere League. Dua kemenangan The Reds dihasilkan saat menjamu Bournemouth 3-0, sementara saat bertandang ke Chelsea pada 6 Mei 2018 Liverpool kalah 1-0. Hasil draw diderita The Reds saat melawan West Bromwich 2-2 dan saat menjamu Stoke City dengan skor kacamata alias 0-0.

Dua klub baik El Real maupun The Reds memiliki bintang dengan pencetak gol terbanyak di liga, sebut saja CR7 dengan koleksi 25 gol di La Liga, disusul Gareth Bale ditempat kedua dengan 13 gol, dan Isco dengan 6 gol di tempat ketiga. Sementara The Reds tak mau kalah, bintang Mohammed Salah sudah mengoleksi 31 gol di Premiere League, disusul Roberto Firmino dengan 15 gol dan S. Mane mengoleksi 10 gol. Benzema dan Salah sendiri, tercatat sama-sama memiliki kali assist di liga domestik.

Secara statistik, El Real lebih diunggulkan karena pengalaman memenangkan Liga Champions sudah 12 kali, ketimbang Liverpool yang baru mencicipi 5 kali trofi Liga Champions. Belum lagi trofi kejuaraan klub dunia, El Real sudah 3 kali mendapat trofi, sementara Liverpool belum sama sekali. Begitupun di liga domestik, El Real sudah 33 kali membawa trofi La Liga, sementara The Reds baru 18 kali kampiun, itupun sudah 28 tahun silam trofi terakhir yang dibawa ke The Anfield Stadium. Sementara El Real terakhir juara di musim 2017-2018 kemarin.

Mampukah El Real mengulang sukses dua musim berturut-turut menjadi juara Liga Champions mengulang kesuksesan beruntun mereka di era 50-an dengan 5 kali menang beruntun?. Atau justru The Reds yang mampu merebut tahta yang terakhir kali diraih di musim 2004/2005?.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL