Menguji Ketajaman Super Simic di AFC Cup Kontra Home United Singapura

Tim Wow    •    Senin, 07 Mei 2018 | 12:58 WIB
Sport
Marco 'Super' Simic. (foto: AFC.com)
Marco 'Super' Simic. (foto: AFC.com)

WOWBOLA - Persjia Jakarta akan melakoni laga semi final leg pertama di Asian Football Confederation (AFC Cup) zona ASEAN melawan klub Singapura Home United, Selasa (8/5/2018) besok di Stadion Jalan Besar Singapura.

Penyerang Persija Jakarta, Marco Simic mengatakan kedua tim layak melaju ke semi final.

"Bagi saya, babak sistem gugur benar-benar berbeda dari fase sebelumnya. Anda harus fokus dan tidak punya banyak waktu atau banyak kesempatan untuk memperbaiki kesalahan Anda. Ini tentang taktik dan konsentrasi, karena terkadang hanya satu gol yang cukup untuk memutuskan suatu pertandingan,” ujar Simic dikutip dari AFC.com.

"Home United telah menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam pertandingan sebelumnya, jadi mari kita lihat siapa yang akan menjadi tim terbaik yang akan memenangkan pertandingan," ujarnya.

Pada awal Piala AFC, kata Simic, Persija Jakarta hanya menargetkan dapat melewati babak penyisihan grup saja. 

"Ada banyak tim bagus yang tersisa di turnamen. Misalnya, tim Irak dan Yordania memiliki level yang sangat bagus, dan Home United juga bermain sangat baik. Tapi saya pikir jika kami dapat memainkan sepakbola dengan level yang sama seperti yang telah kami tunjukkan dalam fase grup, kami bisa melangkah sangat jauh dalam kompetisi ini," ujarnya.

"Sejauh ini, saya sangat senang di Persija dan itu adalah pilihan yang bagus untuk saya. Saya yakin bahwa, setelah pengalaman hebat di AFC Cup ini, klub ini akan memberi saya kesempatan untuk bermain di AFC Champions League di tahun depan," imbuhnya.

Secara statistik, perjalanan Persija dan Home United di AFC Cup terbilang memiliki kekuatan yang sama, dengan sama-sama memetik 4 kali kemenangan, 1 kali kalah dan satu kali imbang.

Kemenangan Persija diraih saat melawan Tampines Rovers Singapura dengan skor 4-1, kemudian 1-0 melawan klub asal Vietnam Song Lam Nghe An, klub asal Malaysia Johor Darul Ta’zim dilumat dengan skor telak 4-0, dan terakhir saat kembali melawan Tampines Rovers dengan skor 4-2. Kekalahan Persija saat tandang ke Tan Sri Dato’ Hj Hassan Yunos Stadium (Jojor Bahru) markas Johor Darul Ta’zim dengan skor 0-3 pada 14 Februari 2018. Dan hasil imbang 0-0 saat melawan Song Lam Nghe An pada 6 Maret 2018.

Sementara Home United, memetik 4 kali kemenangan di AFC Cup saat melawan Shah United 1-0, Boeung Ket 6-0, Shan United 3-2 dan 2-0 saat melawan Ceres di pertandingan terakhir mereka. Kekalahan Home United saat melawan Shan United di fase grup dengan skor 0-1, tanggal 13 februari 2018. Juga imbang 1-1 saat melawan Ceres.

Rekor kandang Persija 2 kali menang dan satu kali draw, sedangkan rekor tandang 2 kali menang satu kali kalah.

Rekor handang Home United dengan 3 kali menang, sedangkan partai tandang satu kali menang, satu kali kalah dan 1 kali draw.

Persija memiliki pencetak gol terbanyak di AFC Cup musim ini yakni Marco Simic dengan 8 gol. Sementara Home United 5 gol mereka dihasilkan dari pemain Korea Selatan Song Ui-Young. Dari jumlah assist Persija juga unggul dari Home United dengan 11 Assist, terbanyak dihasilkan dari Riko Simanjuntak dengan 5 kali assist. Sementara Home United hanya mencatat 7 kali assist sepanjang pegelaran AFC Cup, dengan assist terbanyak dari S. Ishak sebanyak 4 kali.

Dari jumlah gol yang diciptakan Persija sudah 15 kali memasukkan bola, sementara Home United hanya 13 gol. Namun kedua tim sama-sama 5 kali sudah kebobolan.

Di liga Domestik kedua klub, Persija Jakarta dan Home United di 5 laga terakhir juga mencatatkan hasil serupa 3 kali menang, 1 kali kalah dan 1 kali draw. Persija kini berada di peringkat 3 Liga 1, sedangkan Home United di peringkat ke-4 di Liga Primer Singapura.

Home United sendiri di Prime League (liga utama Singapura) baru sekali mencicipi laga final dan menjari Runner Up di tahun 2013, pemenang Cup tiga kali (2011,2013, 2017) runner up 2 kali (2014,2015). Dan di League Cup Singapura 1 kali juara di tahun 2009. Namun di era 2000-an tim berjuluk Police Football Club ini pernah berjaya di S. League sebagai juara tahun 1999 dan 2003, lalu juara Piala Singapura 4 kali (2000,2001, 2003 dan 2005).

Sementara Persija, baru saja merayakan kemenangannya di Piala Presiden 2018. Di Piala Indonesia Persija hanya di tahun 2005 mencatat rekor gemilang sebagai Runner up Copa Indonesia, tahun 2006 dan 2007 hanya puas di peringkat ketiga. Di liga Internasional Persija 2 kali juara Brunei Invitation Cup Brunei Darussalam (2000, 2001), juara Bost Fix Super Cup Malaysia tahun 2018, dan tahun 1973 juara Quoch Khanh Saigon Cup/ Ho Chi Minh Cup Vietnam.

Pertandingan semi final leg kedua akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada 15 Mei 2018. Persija sendiri, mencatatkan rekor tim asal Indonesia satu-satunya yang berhasil tembus ke babak semi final ajang tingkat Asia tersebut.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL