Alobi Lepas Kukang dan Musang ke Habitat Aslinya

Endi    •    Selasa, 15 Mei 2018 | 20:43 WIB
Viral
Alobi saat melepas Kukang ke hutan lindung di kawasan Bukit Menumbing Muntok.(dag)
Alobi saat melepas Kukang ke hutan lindung di kawasan Bukit Menumbing Muntok.(dag)

WOWVIRAL -- Animal Love Bangka Island (Alobi), kembali melepasliarkan satwa langka endemik Bangka Belitung (Babel), yakni Kukang kehabitat aslinya.

Seekor satwa yang diserahkan warga tersebut, dilepas di Bukit Menumbing, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Selasa (15/5/2018).

"Alhamdulillah telah dilakukan pelepasliaran satu ekor Kukang serahan masyarakat dan satu ekor Musang serahan dari sahabat MULOBIS," kata Ketua Alobi, Langka Sani.

Menurut Langka, dua hewan tersebut sudah dinyatakan layak untuk kembali ke habitatnya setelah melakukan serangkaian rehabilitas di kandang habituasi Alobi.

"Sebelumnya dua hewan ini sudah lebih dahulu dilakukan proses rehab dan pengecekan kesehatan SKKH," jelasnya.

Guna memastikan keamanannya dari perburuan, satwa langka tersebut dilepasliarkan di lokasi yang juah dari aktivitas warga.

"Kita bersama tim dari BKSDA menempuh perjalanan dari lokasi habituasi menuju lokasi pelepasliaran sekitat 140 kilometer dan Alhamdulillah semua berjalan lancar," ujarnya.

Warga diimbau untuk selalu menjaga satwa-satwa endemik asli Babel, agar keberadaanya tetap lestari.

"Semoga satwa-satwa yang dilepasliarkan dapat beradaptasi dan berkembangbiak serta diharapkan masyarakat dapat ikut menjaga kelestarian satwaliar Babel demi generasi berikutnya," tukasnya.(dag)



MEDSOS WOWBABEL