Harkitnas 2018, Fokus Pendidikan dan Pengembangan SDM

- Senin, 21 Mei 2018 | 04:16 WIB
Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg, Cecep Sutiawan, memimpin upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018, di halaman parkir Kemensetneg, Jakarta, Senin (21/5) pagi. (Foto: JAY/Humas)
Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg, Cecep Sutiawan, memimpin upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018, di halaman parkir Kemensetneg, Jakarta, Senin (21/5) pagi. (Foto: JAY/Humas)

WOWNASIONAL - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkoinfo) Rudiantara mengemukakan, sekarang ini bangsa Indonesia merasakan ada kekuatan-kekuatan yang berusaha merenggangkan ikatan.

“Kita disuguhi hasutan-hasutan yang membuat kita bertikai dan tanpa sadar mengiris ikatan yang sudah puluhan tahun menyatukan segala perbedaan,” kata Menkomindo dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Deputi Bidang Aparatur Administrasi Sekretariat Negara, Cecep Sutiawan, pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018, di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Sekretariat Kabinet (Setkab), di halaman parkir Kemensetneg, Jakarta, Senin (21/5/2018) pagi.

Padahal, lanjut Menkominfo, inilah masa yang sangat menentukan bagi kita. Inilah era yang menuntut kita untuk tidak buang-buang waktu demi mengejar ketertinggalan dengan bangsa-bangsa lain.

“Momentum sekarang ini menuntut kita untuk tidak buang-buang energi untuk berfikir dan lebih fokus pada pendidikan dan pengembangan manusia Indonesia,” tegasnya.

Menkominfo menunjuk pada bonus demografi, yang akan berpuncak pada tahun 2028 sampai 2031 nanti, dimana angka ketergantungan penduduk diperkirakan mencapai titik terendah, yaitu 47,9 persen.

Proyeksi keuntungan bonus demografi itu, lanjut Menkominfo, akan tinggal menjadi proyeksi jika tidak dapat dimaksimalkan. Usia produktif hanya akan tinggal menjadi catatan tentang usia daripada catatan tentang produktivitas, jika mutu sumber daya manusia produktif pada tahun-tahun puncak bonus demografi tersebut tidak dapat mengungkit mesin pertumbuhan ekonomi.

Oleh sebab itu, Menkominfo Rudiantara mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjauh diri dari anasir-anasir pemecah belah dan konten-konten negatif di media sosial, agar anak-anak bebas bekreasi, bersilaturahmi, berekspresi, dan mendapatkan manfaat darinya.

“Kita harus menjaga persatuan dalam memecahkan masalah, harus berbagi beban yang sama, merapatkan barisan, jangan sampai terpecah belah,” tutur Rudiantara.

Upara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 itu dihadiri oleh Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab) Ratih Nurdiati, para pejabat eselon I, II, III, IV serta para pegawai dari Kemensetneg, Sekretaris Kabinet (Setkab) dan lembaga kepresidenan lainnya. (*)

Editor: Muri Wow

Rekomendasi

Terkini

X