Ini Hal-Hal yang Dianjurkan Saat Buka Puasa

Tim Wow    •    Senin, 21 Mei 2018 | 16:35 WIB
Opini
ilustrasi
ilustrasi

PUASA ramadhan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim. Selain kewajiban berpuasa dan menahan haus, lapar dan hawa nafsu, ada beberapa amalan sunah yang dianjurkan ketika bulan ramadhan. Diantaranya yaitu menyegerakan berbuka, berbuka puasa dengan makanan manis (kurma), membaca doa berbuka puasa dan mengucap hamdalah setelah selesai berbuka.

Dalam suatu hadits menjelaskan tentang menyegerakan berbuka

 

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan jika menyegerakan berbuka puasa” (HR. Bukhori Muslim)

Menyegerakan berbuka puasa, bagaimana yang dimaksud menyegerakan berbuka? Apakah berbuka sebelum waktunya tiba? Atau berbuka puasa jika langit sudah terlihat gelap?

Yang dimaksud menyegerakan berbuka disini yaitu segera dan cepat membatalkan puasa ketika suara adzan maghrib berkumandang tanpa menunda dengan pekerjaan lain.

Apabila tidak terdengar suara adzan maka yang dilakukan adalah cukup melihat apakah warna langit telah gelap dan menunjukan waktu maghrib, dengan catatan harus yakin dengan apa yang dilihat. Karena jika tidak yakin akan menyebabkan batalnya puasa dan wajib untuk di qodho puasanya.

Namun ada sebagian ulama yang mengatakan tidak wajib qodho dan puasanya dianggap sah karena sudah berijtihad mengenai waktu berbuka puasa tersebut.

Kemudian yang dianjurkan setelah itu adalah berbuka puasa denga



1   2      3