Pemprov Kejar Program Sertifikasi Kompetensi Profesi 54 SMK di Babel

Penandatanganan MoU Antara Badan Nasional Sertifikasi Profesi dengan Pemprov Babel, di Hotel Puncak Lestari Pangkalpinang, Selasa (22/5/2018). (Foto: Anjar Sujatmiko/ Wow Babel)
Penandatanganan MoU Antara Badan Nasional Sertifikasi Profesi dengan Pemprov Babel, di Hotel Puncak Lestari Pangkalpinang, Selasa (22/5/2018). (Foto: Anjar Sujatmiko/ Wow Babel)

WOWPANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berkomitmen untuk mengembangkan sistem sertifikasi bagi lulusan dunia pendidikan dan vokasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Komitmen ini dituangkan dalam Penandatanganan MoU Antara Badan Nasional Sertifikasi Profesi dengan Pemprov Babel, di Hotel Puncak Lestari Pangkalpinang, Selasa (22/5/2018).

Pada kesempatan ini Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah menuturkan, adanya sertifikasi ini agar mampu menciptakan para siswa dan siswi SMK yang berdaya saing tinggi dalam menghadapi era globalisasi.

"Kita ingin SDM di babel ini memiliki kompetensi yang tinggi, ini menandakan bahwa siswa dan siswi SMK yang lulus memiliki jiwa saing tinggi dalan dunia tenaga kerja," ujar Abdul Fatah.

Sementara itu, Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Ir. Sumarna F Abdurahman M.sc. mengatakan adanya Mou ini, Pemda diharapkan mampu menata kembali materi pembelajaran di SMK. Mengingat selama ini sertifikasi yang dilakukan harus sesuai dengan materi pembelajaran yang diberikan.

"SMK ini jadi tanggung jawabnya Provinsi, nanti bisa merancang dan memprogramkan pembelajaran yang diberikan siswanya agar siswa yang lulus bisa benar - benar memperoleh pengalaman industri dan sesuai standar kompetensi," katanya.

Saat ini di Babel, Sumarna mengatakan baru ada 1 SMK yang telah melaksanakan program sertifikasi kompetensi profesi, sementara 54 SMK yang terdata di Babel belum melakukan Sertifikasi.

"Biasanya untuk sertifikasi butuh waktu berbulan-bulan, sekarang dengan adanya Mou ini akan mempercepat proses pelatihan, sehingga tidak butuh waktu lama untuk mengirimkan Assesor resourcenya," tukasnya.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL