THR dan Gaji ke-13 Segera Dibayar

Presiden RI Joko Widodo.(net)
Presiden RI Joko Widodo.(net)

WOWJAKARTA -- Kalangan  Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota Polri bakal segera mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke 13. Istimewanya untuk tahun 2018 ini, THR juga akan dibagikan kepada para pensiunan dan purnawirawan.

Presiden Joko Widodo mengumumkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2018 soal Tunjagan hari Raya (THR) dan gaji ke 13 untuk PNS, prajutit TNI, Polri telah ditandatangani. THR dan gaji ke 13 juga akan diberikan untuk para pensiuan PNS, TNI,dan Polri.

“Saya sudah tandatangani PP yang menetapkan pemberian THR dan gaji ke 13 untuk para pensiunan, penerima tunjangan seluruh PNS, prajurit TNI, dan anggota Pori. Ada yang istimewa untuk tahun ini  THR diberikan juga kepada pensiunan,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

“Saya berharap pemberian THR dan gaji ke 13 bukan hanya bermanfaat pada kesejahteran pensiuan dan PNS saat Hari Raya Idul  Fitri, tapi juga kita berharap ada peningkatan kinerja aparatur sipil negara  dan pelayanan secara keseluruhan,” ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan bahwa kepastian mengenai tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS) akan lebih besar dari tahun sebelumnya sesuai  PP Nomor 14 Tahun 2018.

Sri Mulyani menambahkan, THR yang dibayarkan tahun ini tidak hanya sebesar gaji pokok saja, melainkan juga ditambah tunjangan keluarga sekaligus tunjangan kinerja.

"Dengan demikian, PNS yang akan mendapat THR nanti hampir sama seperti take home pay. Sementara, gaji ke-13 sebesar satu kali gaji pokok, tunjangan dan lain-lain," ujar Sri Mulyani.

Tahun lalu, pemerintah mengalokasikan anggaran penyaluran THR untuk PNS sebesar Rp 7 triliun dan gaji ke-13 sebesar Rp 7 triliun. Adapun alokasi anggaran untuk keduanya tahun ini diperkirakan lebih besar daripada tahun lalu.

Sekadar informasi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyebut pencairan THR PNS sudah bisa dicairkan H-14 atau dua pekan sebelum Hari Raya Lebaran 2018. (*/ana)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL