Tak Perlu Keluar Daerah, Operasi Jantung Kateter Sudah Bisa di Babel

Tim Wow    •    Senin, 28 Mei 2018 | 13:53 WIB
Tekno
Foto bersama usai pelaksanaan operasi jantung kateter di RSUD Provinsi Babel. (ist)
Foto bersama usai pelaksanaan operasi jantung kateter di RSUD Provinsi Babel. (ist)

WOWTEKNO - Kabar baik untuk warga provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk kali pertama, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir. Soekarno provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kini telah memiliki fasilitas untuk operasi jantung kateter. 

Operasi jantung kateterisasi bisa dilakukan berkat asistensi dokter dari Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta kepada salah satu Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di RSUD Ir. Soekarno, dr. Surya Hafidiansyah Putra. Operasi dilakukan Rabu, 9 Mei 2018 lalu, dan berhasil dilakukan terhadap tiga orang pasien.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, drg. Widyawati, MKM mengatakan proses pendampingan dilakukan oleh dr. Amir Alkatiri, dr. Dicky Fakhri, dr. Hananto Andriantoro dan Agus Sutanto. Sebelumnya, telah dilakukan pembinaan selama kurang lebih enam bulan dan persiapan tenaga mendidik spesialis jantung dan pembuluh darah, intervensi, serta ners dengan pendidikan kardiologi dasar dan post kardiologi dasar.

"Hal ini menunjukkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan di daerah semakin terbuka. Sebenarnya ada dua dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di RSUD Ir. Soekarno, namun hanya dr. Surya yang sudah mempunyai sertifikat intervensi kardiologi," tulis Widyawati dalam keterangan resminya.

Sebelum kateterisasi bisa dilakukan di RSUD tersebut, lanjutnya, pasien dengan penyakit jantung dan membutuhkan tindakan operasi biasa dirujuk ke Jakarta atau Palembang. Ke depannya, pendampingan yang akan dilakukan tergantung kesiapan dr. Surya.

Pada waktu yang sama, telah dilakukan peluncuran pelayanan kateterisasi jantung di RSUD Ir. Soekarno. peluncuran diresmikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Provinsi Bangka Belitung Haryoso.

"Pemerataan akses pelayanan dan fasilitas kesehatan di Indonesia menjadi fokus Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terutama di daerah dan perbatasan kepualauan. Sejalan dengan target pembangunan wilayah perbatasan dari Presiden RI Joko Widodo, Kemenkes di antaranya, menjadi salah satu penanggungjawab di bidang kesehatan," lanjutnya.

Upaya yang dilakukan yakni dengan penguatan pelayanan kesehatan dan jejaring tenaga kesehatan. Pendampingan operasi jantung kateter ini adalah salah satunya. Pendampingan itu merupakan upaya untuk memperbanyak tenaga kesehatan yang mumpuni dan pemenuhan fasilitas kesehatan di daerah. (*)



MEDSOS WOWBABEL