Kawal Pilkada, BEM STISIPOL P12 Sampaikan Aspirasi ke KPU Bangka

Aksi BEM STISIPOL P12 di kantor KPU Bangka. (foto: BAS)
Aksi BEM STISIPOL P12 di kantor KPU Bangka. (foto: BAS)

WOWSUNGAILIAT - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat, mendatangi kantor KPU Bangka, Senin (11/6/2018) sore.

Kedatangan para perwakilan mahasiswa tersebut dalam upaya mengawal demokrasi lokal yang sedang berlangsung di Bangka Belitung.

Tahun 2018 ini, ada 3 pilkada serentak yang tahapannya sedang berlangsung, salah satunya di Kabupaten Bangka.

"Kami hadir bersama 20 perwakilan mahasiswa. Ini merupakan aplikasi demokrasi yang digagas BEM. Demokrasi tidak hanya kita pelajari diruangan kuliah, namun mesti ada upaya turun ke lapangan untuk mengaplikasikan demokrasi sebagaimana yang kami lakukan," ujarĀ Revaldi Agatha, Ketua BEM STISIPOL Pahlawan 12.

Aplikasi demokrasi yang berlangsung di halaman kantor KPU tersebut disertai dengan orasi mahasiswa dan penyampaian pernyataan sikap.

Agatha menambahkan, ada 6 pernyataan sikap yang kami sampaikan terkait pilkada serentak 2018 di Bangka Belitung

Enam butir pernyataan sikap mahasiswa ini adalah:

1. Mendukung pelaksanaan pilkada serentak 2018 berjalan secara jujur, adil dan transparan guna mewujudkan provinsi kepulauan Bangka Belitung, khususnya di kabupaten Bangka yang aman, damai dan kondusif.

2. Menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat Bangka untuk bersama-sama, bahu-membahu mengawal pilkada agar pesta demokrasi 5 tahunan daerah ini berjalan dengan semestinya dan berkualitas.

3. Mendorong kerja KPU Bangka sebagai penyelenggara pilkada untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

4. Mendorong kerja Bawaslu Bangka untuk menindak secara tegas setiap pelanggaran pilkada.

5. Menolak kampanye hitam bernuansa SARA dan politik uang.

6. Berpartisipasi aktif mengawal dan mengawasi kinerja kepemimpinan kandidat terpilih selama lima tahun kedepan.

Aplikasi demokrasi yang dilakukan BEM STISIPOL P12 diterima oleh Komisioner KPU Bangka Divisi Perencanaan Program dan Data, M. Hasan.

"Saya mengapresiasi sikap yang dilakukan para mahasiswa dalam mengawal proses demokrasi di Kabupaten Bangka," ungkap Hasan.

Aksi para mahasiswa ini turut dijaga oleh aparat kepolisian dari Polres Bangka yang bertugas menjaga kantor KPU Bangka. (Bambang Ari Satria)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL