Anda Pecinta Kuliner ? Coba 5 Kuliner Khas Bangka berikut ini, Jamin Tiada Duanya !

Tim_Wow    •    Sabtu, 07 Juli 2018 | 16:58 WIB
Travel
Google.com
Google.com

1. LEMPAH KUNING

Mayoritas makanan khas Bangka Belitung terbuat dari olahan hasil laut, seperti lempah kuning misalnya. Lempah kuning sangat terkenal di pulau Bangka dan sekitarnya. Kuliner ini dimasukkan ke dalam Cagar Budaya Nasional Tak Benda. Di pulau Bangka makanan ini bernama lempah kuning, sementara di pulau Belitung makanan ini dikenal dengan nama gangan.

Lempah kuning terbuat dari bahan dasar ikan. Ikan yang biasa dipilih untuk membuat lempah adalah ikan kakap merah atau ikan tenggiri. Adapun bagian ikan yang dipilih adalah kepala ikan, namun jika tidak suka dengan kepala ikan bisa diganti bagian badan atau ekor ikan. Ikan tersebut kemudian diberi bumbu kuah yang berwarna kuning yang terbuat dari bahan dasar kunyit, lengkuas, terasi, dan cabai.

2. MARTABAK BANGKA

Martabak bangka adalah makanan khas pulau Bangka yang kerap dijumpai di kota-kota besar di Indonesia. Martabak yang berasal dari Bangka ini pada mulanya disebut Hok Lo Pan. Hok Lo Pan sendiri menurut cerita menunjuk pada orang Hakka dan bukan orang Hok Lo.

Martabak Bangka mempunyai cita rasa yang manis sehingga tak jarang dipanggil dengan martabak manis. Makanan yang digemari hampir seluruh orang Indonesia ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan mentega untuk dibuat adonan bulat yang membentang. Pada bagian atas adonan tepung yang sudah mengembang diberikan banyak topping, seperti cokelat meises, kacang tanah, keju, susu kental manis, dan wijen.

3. LAKSA

Di Negeri Penghasil Timah, Laksa pertama kali dibuat oleh masyarakat Melayu. Ketika itu Laksa mempunyai bentuk seperti mie dan sampai sekarang juga masih menyerupai mie tapi dibuntel-buntel. Selain diperkenalkan oleh orang Melayu di Bangka Belitung, Laksa juga kemudian dikembangkan oleh orang-orang Tionghoa yang tinggal di Bangka Belitung. Laksa oleh masyarakat Bangka Belitung biasa dimakan dengan hidangan berkuah seperti sup gangan.

4. OTAK-OTAK BANGKA

Selain pempek, Bangka juga punya panganan enak lain berupa otak-otak. Otak-otak oleh masyarakat Bangka Belitung dijadikan camilan saat berkumpul dengan teman atau sanak saudara. Otak-otak bangka umumnya dibungkus dengan pisang sebelum dibakar. Dari tampilannya otak-otak bangka tak jauh berbeda dengan otak-otak di daerah lain, namun ukuran dari otak-otak bangka jauh lebih kecil.

Panganan ini biasanya dibeli dalam jumlah banyak oleh penduduk lokal maupun domestik. Mereka sangat menyukai cita rasa ikan yang menyatu dalam setiap otak-otak. Untuk penyajiannya otak-otak bangka juga sama seperti di tempat lain. Otak-otak dimakan dengan sambal atau saus. Di Bangka, ada tiga macam saus yang biasa dipakai, yakni saus sambal asam, sambal biasa, dan sambal terasi dengan perasan jeruk nipis.

5. LEMPAH DARAT

Lempah darat adalah kuliner khas Bangka yang juga populer, sama seperti lempah kuning yang dielu-elukan sebagai masakan pamungkas dari Pulau Timah. Lempah darat berbeda dengan lempah kuning yang menggunakan bahan dasar laut berupa ikan. Lempah darat justru menggunakan produk hasil perkebunan Bangka yang tak terlalu diperhatikan dan dipilih untuk diolah menjadi hidangan.

Jika lempah kuning tidak mengandung komposisi utama dalam jumlah banyak, berbeda dengan lempah darat yang justru menggunakan cukup banyak hasil perkebunan, seperti pucuk idat, pepaya muda, akar keladi, dan sejumlah sayur yang masih muda lainnya. Lempah darat biasanya dimakan bersama ikan asin dan sambal terasi, tak lupa juga nasi hangat dan minuman dingin yang menyegarkan untuk mengatasi tenggorokan seret.

Sumber: Google.com



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE