Berkas Eks Napi Korupsi Dapil Babel Dikembalikan

Abeng    •    Senin, 23 Juli 2018 | 09:22 WIB
Pilkada
ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)

WOWPOLITIK -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan dokumen verifikasi administrasi bakal calon legeslatif Pemilu 2019. Ada lima eks napi korupsi yang terdaftar dalam bacaleg DPR RI yang berkasnya dikembalikan ke parpol. Salah satunya bacaleg eks napi koruptor asal Daerah Pemilihan (Dapil) Bangka Belitung.

"Berdasarkan dokumen yang ada ditemukan ada lima bakal calon anggota legislatif pernah terkena tindak pidana korupsi," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Borobudur, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7/2018).

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menambahkan kelima orang itu berasal dari empat daerah pemilihan (Dapil) Aceh II, Bangka Belitung, Sulawesi Tenggara, dan Jawa Tengah VI. Meski begitu, Wahyu tak mau menyebutkan asal parpol dan nama-nama bacaleg tu.

"Jadi di daerah Aceh II nya ada dua orang, Sulawesi Tenggaranya satu orang, Bangka Belitungnya satu orang, Jawa Tengah VI nya satu orang," kata Wahyu.

Wahyu mengatakan kelima orang ini diketahui eks napi korupsi dari salinan putusan yang dilampirkan dalam dokumen persyaratan.

"Lima orang ini melampirkan salinan putusannya. Dalam dokumen persyaratannya itu melampirkan salinan putusan yang menjelaskan bahwa yang bersangkutan mantan narapidana korupsi dan berkekuatan hukum tetap," kata Wahyu.

Selain melampirkan salinan putusan, kelima eks napi korupsi itu juga mengumpulkan dokumen pendaftaran yang ditandatangani dengan pengurus parpol.(*/ana)

 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL