Wow…Babel Butuh 4.000 Ekor Sapi

Tim_Wow    •    Jumat, 10 Agustus 2018 | 07:58 WIB
Lokal
Ratusan sapi di Sapi Center sudah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan sapi di Bangka Belitung selama perayaan Hari Raya Idul Adha.(dag)
Ratusan sapi di Sapi Center sudah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan sapi di Bangka Belitung selama perayaan Hari Raya Idul Adha.(dag)

WOWPANGKALPINANG -- Perayaan hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, kurang dari dua pekan lagi. Kebutuhan hewan kurban khususnya sapi pun mulai meningkat, mengingat banyaknya permintaan dari masyarakat.

Untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban tersebut, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), memasok sapi dari luar daerah, karena persediaan sapi lokal Babel, tidak memenuhi kebutuhan.

"Kebutuhan sapi kurban untuk tahun ini 3.000 sampai 4.000 ekor yang kita siapkan, 90 persen dari sapi-sapi itu berasal dari luar daerah, seperti Lampung dan Madura. Jadi hanya 10 persen yang dipenuhi sapi lokal," jelas, Kasi Kesmapet dan PPHP Provinsi Bangka Belitung, Dody Novianto, Kamis (9/8/2018).

Menurutnya, sapi-sapi tersebut, belum sepenuhnya masuk ke Babel, namun ia menjamin pasokan sapi dari luar pulau akan terealisasi sesuai permintaan.

"Sapi ini sebagian sudah masuk dan terus berproses sampai kuotanya terpenuhi. Tapi setiap minggunya selalu datang sapi-sapi dari Madura dan Lampung," terangnya.

Untuk kebutuhan sapi sendiri, diakuinya, sedikit mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun lalu, kendati tidak terlalu signifikan.

"Kebutuhan kita tahun ini relatif, tapi ada peningkatan sedikit dari tahun kemarin. Untuk sementara 80 persen kebutuhan sapi kurban sudah masuk ke Babel," katanya.

Sementara itu, penjual hewan kurban yang salah satunya dilakukan oleh Sapi Center, mengakui, jelang hari raya kurban, permintaan sapi sebagai hewan kurban mengalami peningkatan 100 persen, dibandingkan hari biasa.

"Alhamdulillah peningkatan sekitar 100 persen dari hari biasa, karena kan kalau hari biasa paling hanya untuk jualan di pasar," kata Pengelola Sapi Center, Syahril Sabidin.

Tingginya permintaan akan hewan kurban ini, jelas Syahril, tak lepas dari kepuasan pembeli, sebab sapi yang dibeli dihargai sesuai dengan bobot sapi, karena pengelola memberlakukan sistem timbangan untuk menentukan harga.

"500 ekor sapi yang ada saat ini sudah terpesan semua, tapi biasanya pembeli baru ramai tiga hari jelang lebaran nanti," tukasnya.(dag)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL