Ketua DPRD Serukan Pataka KSN Berkibar di Bangka Belitung

Tim_Wow    •    Rabu, 10 Oktober 2018 | 15:07 WIB
Lokal
Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya. (Ist)
Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya. (Ist)

WOWPANGKALPINANG - Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Didit Srigusjaya menyambut estafet  pataka Kirab Satu Negeri (KSN) yang dibawa Asinfokom Satkornas Banser Gatot Arifianto dari PW GP Ansor Sumatera Selatan.

Asistensi KSN Bangka Belitung Agus M Ubaidillah di Pangkal Pinang, Rabu (10/10/2018) menyebut, Didit menyerukan dengan tegas agar Merah  Putih dikibarkan di bumi Serumpun Sebalai.

"Setelah menerima pataka dari Ketua PW GP Ansor Babel Masmuni Mahatma, Selasa (9/10/2018), Ketua DPRD Babel menghadiri upacara serah terima pataka KSN menyerukan demikian," ujar Agus.

Upacara serah terima pataka KSN dilakukan di Pesantren Hidayatussalikhin, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, asuhan KH Jakfar Umar Shodiq, disaksikan ratusan santri, kader Ansor dan Banser setempat, organisasi kepemudaan seperti Pemuda Katolik dan KNPI.

Selain semangat kebersamaan, sejumlah hiburan juga tampil dalam penyambutan pataka KSN. Seperti tari penyambutan tamu, barongsai dan marching band.

Kepada peserta upacara, Didit mengingatkan, Indonesia ialah negara yang merdeka karena perjuangan seluruh elemen masyarakat, dari beragam suku, agama dan bangsa.

"Negara yang menghormati perbedaan sebagaimana konsensus pendiri bangsa yang akan kita wariskan pada generasi mendatang," ujar Didit.

Selesai upacara, Agus meminta Gatot yang datang membawa 17 pataka KSN seorang diri dari Sumatera Selatan untuk memotivasi peserta.

"Jika ada yang bertanya mana Ansor, mana Banser, maka tepuk dada kita dan jawab ini. NKRI bagi kita ialah harga mati," ujar Gatot kemudian memimpin sejumlah yel-yel Banser.

Ketua pelaksana KSN Sukri, bersyukur kegiatan KSN berjalan baik kendati terdapat sejumlah penolakan.

"Kirab satu negeri, tujuannya menumbuhkan spirit, semangat untuk menjaga NKRI,” ujarnya. 

Sukri lalu menuturkan untuk mensukseskan KSN di Babel, juga digelar kegiatan perlombaan dengan melibatkan seluruh peserta dari tingkat SD, SMP, dan SMA di pulau Bangka.

"Ada beberapa sekolah yang telah menyiapkan anak didiknya untuk ikut dalam setiap lomba yang kita adakan seperti tilawatil Quran, melukis dan mewarnai," paparnya.

Ansor Babel berharap, semangat kebangsaan akan ditularkan melalui KSN sehingga terus memupuk semangat persatuan dan kesatuan.

"Yang terpenting adalah bagaimana menyatukan perbedaan menjadi satu kesatuan sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa besar di mata dunia," harapnya. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL