Padi M400 Mampu Produksi 7-8 ton perhektar

Bupati Bangka Selatan H Justiar Noer saat berbincang dengan petani desa Rias. (Ist)
Bupati Bangka Selatan H Justiar Noer saat berbincang dengan petani desa Rias. (Ist)

TOBOALI - Produksi varietas bibit Padi jenis Demplot M400 capai 7-8 Ton per/hektar. Hal itu dikarenakan M400 mampu bertahan dicuaca ekstrim sehingga tidak mudah tumbang jika diterpa angin. Disamping itu, keunggulan varietas M400 lebih tahan dari serangan hama. 

Demikian disampaikan petugas penyuluh pertanian Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DPPP) Bangka Selatan, disela Panen Perdana Demplot M400 di Desa Rias, Toboali, Bangka Selatan, Rabu (10/10/2018) siang. 

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman yang hadir langsung dan memanen perdana bersama Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer menuturkan, pemerintah akan memprioritaskan bibit M400 sebagai bantuan bibit kepada petani. 

"Alhamdulillah ini menunjukkan hasil yang luar biasa. Untuk bibit yang dibantu nantinya kita sepakati saja M400," kata Gubernur Erzaldi. 

Sementara Bupati Justiar menyampaikan, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan bersama kelompok Tani sebelumnya telah berhasil melakukan tanam padi IP 200 seluas 1.116 hektar dengan sawah yang sudah dipanen lebih dari 500 hektar.

Untuk tahun ini, Desa Rias  telah mencoba melakukan penanaman IP 300 dengan luas tanam 1 hektar. 

"Tahun 2016 tercatat luas padi sawah Basel mencapai 5.320 hektar dengan produktifitas 3.015 ton per hektar. Selain padi sawah, Basel juga terdapat padi ladang yang luasnya mencapai 1.018 hektar dengan hasil 1.751 ton per hektar," ujar Justiar.

Disamping itu, disampaikan Justiar bahwa, saat ini pemerintah sudah memiliki bibit padi hybrid yang mampu produksi mencapai 15 ton per hektarnya.

"Bersama Pak Gubernur nanti akan kita pikirkan bersama bagaimana agar produksi padi kita lebih maksimal lagi agar swasembada beras kita terwujud. Pertama fokus kepada sarana penunjang, seperti irigasi akan kita selesaikan secara bertahap,” tukas Justiar. (ADV)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL