Peminat Nasyid di Beltim Masih Rendah

Tim Spansa SMP Negeri 1 Manggar saat berlaga di lomba nasyid.(ist)
Tim Spansa SMP Negeri 1 Manggar saat berlaga di lomba nasyid.(ist)

WOWMANGGAR -- Minat remaja Kabupaten Belitung Timur untuk memajukan atau mempopulerkan seni musik Islami seperti nasyid masih rendah. Hal ini terlihat dari minimnya jumlah peserta Lomba Nasyid tingkat Remaja yang digelar Sabtu (13/10) lalu, di Halaman Kantor Camat Manggar.

Lomba yang digagas oleh Bagian Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Beltim dalam rangka Peningkatan Syiar dan Kesadaran Beragama  itu hanya diikuti oleh 6 regu peserta. Padahal panitia sudah jauh hari mengirimkan surat undangan ke sekolah-sekolah untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Salah seorang Guru pendamping dari SMA 1 Gantung, Try Mario Sandy mengatakan jika sekolahnya sengaja hanya mengirimkan satu regu peserta. Mengingat, panitia hanya meminta setiap sekolah baik SMP atau SMA sederajat mengirimkan minimal satu regu saja.

“Kita memang cuman mengirimkan satu regu terbaik. Karena yang diminta hanya satu. Tapi ada juga yang ngirim dua grup,” kata Rio.

Namun menurutnya jika semua sekolah di Kabupaten Beltim mengirimkan satu regu saja, jumlah pesertanya akan mencapai puluhan. Bahkan diungkapkannya panitia sudah lama mensosialisasikan kegiatan tersebut.

“Sepi ini lantaran banyak sekolah yang tidak mengirimkan perwakilan. Gak tau kenapa, padahal suratnya sudah dari awal bulan kemarin,” ungkap Rio.

Sementara juri Lomba Nasyid, Fitra Agustian memaklumi sedikitnya jumlah peserta lomba nasyid. Menurutnya hal itu lebih disebabkan karena kurangnya informasi dan minimnya waktu persiapan.

“Wajarlah lombanya kan baru pertama kali digelar, jadi banyak informasi teknis yang tidak dikeathui oleh sekolah-sekolah. Terus juga saya dengar di sekolah lain banyak kegiatan,” ujar Fitra.

Guru SMP Negeri 6 Manggar itu berharap tahun depan kegiatan dapat lebih dikelola dengan lebih baik lagi. Ia optmisi jika dari jauh hari sudah disosialisasikan minat remaja dan sekolah akan lebih tinggi.

“Insyallah ke depannya kalau dari jauh hari sekolah akan lebih mempersiapkan diri lagi. Mudah-mudahan tahun depan lebih baik lagi,” ujarnya.

Dalam lomba Nasyid tersebut, grup Iz Low Gambus dari SMA Negeri 1 Gantung terpilih menjadi juara I. Juara II diraih oleh Tim Spansa SMP Negeri 1 Manggar. Sedangkan perwakilan SMA Negeri 1 Manggar, Nurul Ilmi menempati posisi III. @2!

 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL