WOW!! Pariwisata Bikin PAD Belitung Melambung

Tim_Wow    •    Senin, 22 Oktober 2018 | 09:05 WIB
Ekonomi
Ilustrasi
Ilustrasi

WOWBELITUNG - Pererekonomian Belitung akan semakin  melesat usai mendapatkan status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Apalagi didukung dengan penerbangan langsung Singapura-Belitung oleh Garuda Indonesia.

Dalam keterangan Pers, Kementerian Pariwisata mengatakan setelah memiliki KEK, PAD Belitung menunjukkan grafik naik. Pada 2017, PAD Belitung sudah ada di level Rp 193,18 miliar. Jumlah tersebut naik signifikan 41,21% atau riilnya Rp 56,38 miliar dari tahun sebelumnya. Pada 2016, PAD-nya berada di angka Rp 136,80 miliar.

"Pertumbuhan pariwisata Belitung dari tahun ke tahun sangat luar biasa. KEK ini memberi pengaruh yang besar. Pembangunan secara umum otomatis mengalami percepatan. Hasilnya semakin terlihat di lima tahun terakhir ini," ungkap Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah S Thaib, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/10/2018).

PAD sebesar Rp 193,18 miliar pada 2017 memang menjadi prestasi besar. Sebab, PAD Belitung masih berada di angka Rp 92,97 miliar pada 2013. Dalam rentang 2013 sampai 2016, rata-rata kenaikan PAD Belitung sebesar Rp 14,63 miliar per tahun. 

Hiramsyah pun mengatakan pariwisata sudah menjadi leading sector perekonomian di Negeri Laskar Pelangi.

"Hasilnya mulai kelihatan. Perekonomian Belitung saat ini sangat bagus. Pariwisata jadi leading sector di sana. Sektor ini semakin gemuk. KEK yang diterapkan pun akan terus berkembang. Artinya, potensi PAD juga akan terus bertambah," jelasnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan KEK jadi solusi terbaik untuk mengembangkan perekonomian daerah.

"Belitung sudah merasakan hasilnya. PAD mereka bagus, tingkat pertumbuhan ekonominya positif. Bila Garuda sudah mulai beroperasi, pertumbuhannya akan lebih cepat. Arus investasi juga akan terus naik. Sebab, Belitung memiliki potensi alam dan budaya luar biasa. Infrastrukturnya juga sangat bagus dan terus dikembangkan," ujar Arief. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL