Bawaslu Ingatkan Peserta Pemilu Tak Kampanye di Rumah Ibadah

Tim_Wow    •    Jumat, 02 November 2018 | 16:22 WIB
Pilkada
Komisioner Bawaslu Kota Pangkalpinang, Novrian Saputra SE.(net)
Komisioner Bawaslu Kota Pangkalpinang, Novrian Saputra SE.(net)

WOWPOLITIK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang telah mengirimkan surat kepada pengurus rumah ibadah se-Kota Pangkalpinang agar tidak membuka ruang dan tidak mengundang peserta Pemilu 2019 untuk berkampanye di rumah ibadah.

Berkampanye di rumah ibadah merupakan pelanggaran bagi peserta pemilu dan sudah diatur dalam dalam pasal 281 ayat 1 Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum.

Komisioner Bawaslu Kota Pangkalpinang, Novrian Saputra, kepada wowbabel.com, Jumat (2/11/2018) mengingatkan agar peserta pemilu tidak berkampanye di rumah ibadah.

“Kita imbau agar rumah ibadah tidak dijadikan sebagai tempat kampanye. Kita juga khawatir jika hal itu dimanfaatkan, untuk itu kita akan memaksimalkan fungsi pencegahan. Salah satunya adalah mengirim surat imbauan kepada pengurus rumah ibadah,” terang Novrian.

Tak hanya itu Novrian juga mengingatkan agar alat kampanye, seperti kalendar atau kartu nama juga tidak dipasang di dalam rumah ibadah.

“Seperti kalender peserta pemilu, itu tidak boleh dipasang di rumah ibadah. Atau dengan modus jadwal solat sepanjang waktu yang ada gambar dan nomor peserta pemilu, itu juga tidak boleh. Lebih baik hal-hal tersebut ditolak oleh pengurus rumah ibadah. Boleh saja dipasang tapi setelah pelaksanaan pemilu,” terang Novrian.

Novrian berharap pengurus rumah ibadah juga bersikap tegas dan menegur jika ada oknum peserta pemilu yang memaksa berkampanye di rumah ibadah.

“Jika memang tidak bisa ditegur atau tidak bisa dicegah, pengurus rumah ibadah bisa menelepon Bawaslu. Nantinya kita yang akan menindak,” tegas Novrian.

Ditambahkan Novrian sanksi untuk perkara berkampanye di rumah ibadah cukup berat dan diatur dalam pasal 521 UU Nomor 7  Tahun 2017, yakni ancamannya paling lama dua tahun kurungan penjara dan denda Rp 24 juta.(bar)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL