Puluhan Juragan 'Pajang' Sapi di GOR Sahabuddin

Endi    •    Kamis, 08 November 2018 | 22:49 WIB
Lokal
Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan, Provinsi Bangka Belitung (Babel), menggelar Kontes Ternak Sapi, di GOR Sahabuddin, Pangkalpinang, Kamis (8/11/2018).(wowbabel.com)
Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan, Provinsi Bangka Belitung (Babel), menggelar Kontes Ternak Sapi, di GOR Sahabuddin, Pangkalpinang, Kamis (8/11/2018).(wowbabel.com)

WOWPANGKALPINANG -- Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan, Provinsi Bangka Belitung (Babel), menggelar Kontes Ternak Sapi, di GOR Sahabuddin, Pangkalpinang, Kamis (8/11/2018).

Kontes yang diikuti puluhan juragan sapi di Bangka Belitung itu, memamerkan kualitas sapi ternak dari berbagai usia dan bobot sapi. Sapi yang diikut konteskan, dinilai kebersihan, bobot, tinggi serta kesehatannya. Jika memenuhi kireteria dewan juri, maka ia akan keluar sebagai juaranya.

Menurut kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Babel, Tony Batu Bara, kegiatan tersebut merupakan gelaran kedua yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas ternak sapi di tingkat peternak di Babel.

"Kontes sapi ini kita mendisplay sapi yang ada di Babel, kalau tahun kemarin kita sudah mulai tapi sifatnya kita hanya mendisplay saja, kalau tahun ini kita konteskan dan akan kita nilai, kita akan lihat nanti sapi mana yang terbaik," papar Tony.

Melalui kontes ini, harap Tony, kualitas ternak sapi di Babel dapat meningkat.

"Kita tidak melihat jenis sapinya, tetapi kita melihat kelompok umur, yang pertama kita nilai kesehatan, bobot, kebersihan, tinggi sapi dan lain sebagainya. Kalau nantinya sapi ini bagus itu mencerminkan kelompok ternak itu bagus," jelasnya.

Selain melalui kontes ini, sebut Tony, pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produktifitas sapi di Babel.

"Untuk meningkatkan produktivitas sapi ini, kita sudah menggelar beberapa kegiatan baik itu melalui program APBD maupun APBN, ada juga melalui program siwab (sapi indukan wajib bunting)," ujarnya.

Melalui berbagai kegiatan itu, Tony mengklaim, tingkat produktifitas sapi di Babel selalu mengalami peningkatan.

"Peningkatan populasi sapi kita setiap tahunnya di atas 1.000 ekor dan untuk program siwab sendiri kita sudah di atas 100 persen sampai bulan November awal ini," tukasnya.(dag)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE