Nelayan Pulau Dapur Keluhkan Compreng dan Trawl

Tim_Wow    •    Senin, 19 November 2018 | 13:49 WIB
Lokal
Kapal trawl dan compreng sedang marak di sekitar perairan Pulau Dapur.(ist)
Kapal trawl dan compreng sedang marak di sekitar perairan Pulau Dapur.(ist)

WOWTOBOALI --  Nelayan Pulau Dapur, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, mengeluhkan maraknya aktivitas kapal compreng dan pukat trawl di Perairan Pulau Dapur dan sekitar.

Aktivitas tersebut dinilai  mengancam keberlangsungan hidup nelayan, terutama nelayan yang menggunakan alat tangkap tradisional serta menggunakan kapal kecil.

Maraknya aktivitas  kapal compreng serta pukat trawl dikeluhkan salah satu nelayan yang mengaku berasal dari Pulau Dapur, yakni Edi Dika. Keluhan Ia curahkan melalui media sosial Facebook.

Dalam laman akun facebook Edi Dika,  Ia menulis yang nampaknya  ditujukan kepada Kapolda Babel, Brigjen (Pol) Istiono yang baru saja menjabat Kapolda Babel menggantikan Brigjen Pol Syaiful Zachri.

Disamping ditujukan secara khusus kepada Kapolda Babel yang baru, Edi Dika juga menyindir Satuan Polisi Air (Satpol Air) Polres Bangka Selatan agar jangan pura-pura tidak mengetahui aktivitas trawl di perairan  Pulau Dapur. Selain itu, Edi Dika juga keluhkan keberadaan tambang di perairan setempat.

"Siape tau bapak Kapolda yang baru ni  cepet nanggap e...men yang lame dak mampu kayak e...yo wa satpol air Basel ne...jangan purak2 dak tau trowl di laut pulau dapur hane..men dak berani nangkep atau nindak e bakal ancur laut...di pinggir ti tower, ngaset ke tengah ade trowl, ke tengah pulek ade compreng...kami nue ke tengah dak berani agek perahu lah kecit," tulis Edi Dika yang diakhiri dengan taggar #Save Laut Basel.

Tulisan yang menggunakan Bahasa lokal Bangka tersebut jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia sebagai berikut.

" Siapa tau bapak Kapolda yang baru cepat tanggap...kalau yang lama sudah tidak mampu lagi...ayo SatpolAir Basel...jangan pura-pura tidak tau trowl di laut pulau dapur...kalau tidak berani menangkap atau menindak bakal hancur laut...di pinggir TI Tower, geser ketengah ada Trawl, ketengah lagi ada Compreng...kami mau ketengah tidak berani lagi perahu sudah kecil,"

Edi Dika juga menyertai foto spanduk yang bertuliskan  Tindak Tegas Trawl dam Comoreng di Perairan Bangka Selatan.(as)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL