Atap Langit Undang Satgas Literasi Babel

Workshop pendampingan satgas gerakan literasi sekolah di SLB wilayah Babel. (ist)
Workshop pendampingan satgas gerakan literasi sekolah di SLB wilayah Babel. (ist)

WOWPANGKALPINANG - Dalam rangka mendukung dan menguatkan budaya literasi di Sekolah terutama Sekolah Luar Biasa (SLB) dibutuhkan Pelaku dalam meningkatkan kemampuan Literasi di sekolah dalam mengembangkan budaya membaca dan menulis. 

Oleh karena itu, Rumah baca Atap Langit berupaya ikut serta dan mendukung gerakan penguatan budaya literasi tersebut, yaitu dengan mengadakan kegiatan Workshop Pendampingan Satgas Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Luar Biasa.

Menggandeng Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Rumah baca Atap Langit mengundang seluruh Satgas Gerakan Literasi Sekolah di Bangka Belitung dan Kepala Sekolah SLB di Pulau Bangka. 

Kegiatan yang berlangsung Selama satu hari ini yakni tanggal 17 November 2018, bertempat di Ruang Pertemuan SLB Negeri Kota Pangkalpinang, dengan mendatangkan 3 Narasumber Pusat yaitu R. Achmad Yusuf SA, M.Ed (Kasubdit Peserta Didik PKLK, Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus & Layanan 
Khusus), kemudian Dr. Yasep Setiakarnawijaya, M.Kes(Satgas Gerakan Literasi Sekolah) dan Wien Muldian, S.S (Pelaksana Harian Gerakan Literasi Nasional).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Rita Aryani,M.Si selaku Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Rumah baca Atap Langit. 

"Disamping mendapatkan pembekalan bagi satgas GLS di Babel yang belum lama dibentuk menjadi pengetahuan baru bagi Kepala Sekolah SLB dalam pengembangan Literasi di SLB," tutur Rita. 

Sementara Poni Auri selaku Founder Rumah baca Atap Langit menuturkan bahwa gerakan literasi tak hanya digalakkan di masyarakat namun sekarang sudah masuk ke sekolah-sekolah dan Sekolah Luar Biasa (SLB) menjadi pilot project Atap Langit kedepan dalam pengembangan Literasi di sekolah, dengan mengedapankan 6 konsep Literasi dasar yakni (Literasi baca tulis, Literasi Berhitung, literasi Sains, Literasi Teknologi dan Informasi, Literasi keuangan dan Literasi Budaya dan Kewarganegaraan. 

"Dan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan yang terus bersinergi dengan kami dalam pendampingan Gerakan Literasi di Sekolah ini," ungkapnya. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL