Cuaca Tak Menentu, Produksi Terasi Terganggu

Tim_Wow    •    Sabtu, 24 November 2018 | 10:26 WIB
Ekonomi
Fifi, salah satu perajin Terasi Toboali. (Romi/WowBabel)
Fifi, salah satu perajin Terasi Toboali. (Romi/WowBabel)

WOWBASEL - Pembuat  sekaligus penjual  Terasi (Belacan) di Toboali kabupaten Bangka Selatan terganggu akibat  pasokan udang yang menjadi bahan utama Terasi berkurang. Hal ini karena pada bulan November memasuki musim penghujan, dimana udang sulit didapat.

"Bahan baku udang yang didapat musiman, pada bulan April sampai Juli biasanya banyak. Nah bulan November ada, tapi karena cuaca tidak menentu sulit untuk memperkirakannya," kata Fifi pengrajin Terasi di Jalan Diponegoro Kampung Padang Laut, Kecamatan Toboali, Bangka Selatan, Jumat (23/11/2018).

Memasuki cuaca yang tak menentu, Fifi sehari mendapat 3 Kilogram (Kg) udang yang ditangkap sekitar pantai  perairan Toboali. 

"Kalau  sedang musim paling sedikit 5 kilo. Sekarang beli udang untuk  stok," tukas Fifi yang sejak tahun 1972 sudah menjadi pembuat terasi ini.

Terasi Toboali terkenal dengan aroma dan citra rasanya yang khas untuk bumbu penyedap sayuran atau sambal. Harga untuk terasi kualitas super Rp80.000/Kg dan kualitas biasa antara Rp60.000-Rp65.000/Kg.

Kualitas Terasi, kata Fifi, harus terjamin karena  bahan baku  pembuatannya harus dari jenis udang yang baru ditangkap dari laut.

"Prosesnya juga masih dengan tumbukan  Lesung, kalau pakai mesin kurang bagus," katanya.

Udang sebelum ditumbuk terlebih dahulu dibersihkan, harus terpisah dari ikan dan sampah. Setelah dicuci lalu dijemur beberapa jam, baru kemudian dicampur garam dan ditumbuk sampai halus.

"Hasil tumbukan dijemur lagi, kalau musim panas cukup dua hari saja dijemur lalu dipotong sesuai ukuran," ungkap Fifi.

Hasil olahan tangkapan laut ini tidak terlalu sulit untuk dipasarkan karena ada pedagang sekitar Kota Toboali yang langsung  mengambil Terasi buatan Fifi. 

Usaha rumahan inipun menjadi  penghasilan utama keluarga Fifi. Selain Terasi, dia juga membuat  kerupuk udang dan ikan untuk dijual. (Rom/WowBabel)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL