Festival Tanjung Kelayang Sedot 25 Ribu Wisatawan

Tim_Wow    •    Senin, 26 November 2018 | 10:57 WIB
Travel
Salah satu destinasi Festival Tanjung Kelayang.(ist)
Salah satu destinasi Festival Tanjung Kelayang.(ist)

WOWBELITUNG – Festival Tanjung Kelayang 2018 berpotensi jadi trigger bagi pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang. Sebab, memiliki nilai ekonomi tinggi. Event ini mampu menarik kunjungan wisatawan secara signifikan. 

Festival yang digelar 15-19 November dikunjungi lebih dari 25.000 wisatawan. Dari komposisi tersebut, slot untuk wisnus mencapai 5.000 orang. Arus masuk wisman ini juga telah melebihi target 750 hingga 1.000 paspor asing. 

Kadispar Belitung Hermanto mengatakan, target kunjungan wisatawan sudah terlewati. “Jumlah kunjungan target wisatawan sudah melewati target semua. Angka dari wisnus dan wismannya sudah aman. Padahal ini dihitung hingga hari ke-4 Fesival Tanjung Kelayang saja,” ungkap Hermanto.

Khusus arus masuk wisman, Hermanto menggunakan simulasi sampel beberapa hotel. Mengacu dari Hotel Green Tropical Belitung, sedikitnya ada 90 wisatawan Singapura yang menginap beberapa hari di sana.

“Kami terus memonitor pergerakan wisman di banyak hotel. Ada 90 wisatawan Singapura yang menginap di Hotel Green Tropical. Padahal, di sini pilihannya itu sangat banyak,” terangnya lagi.

Pergerakan para wisman ini tentu sangat menggembirakan. Sebab, memberikan impact yang positif bagi perekonomian masyarakat Belitung. Rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Belitung memiliki nilai spending USD50 hingga USD100 per orang per hari. Memakai batas atas, artinya ada potensi perputaran uang USD500 Ribu sepanj



1   2      3