Gebyar Peternakan  Basel 2018

Gebyar Peternakan Pemkab bangka Selatan di Pulau Besar. (wowbabel)
Gebyar Peternakan Pemkab bangka Selatan di Pulau Besar. (wowbabel)

PULAUBESAR - Pemerintah mendorong peternak dan petani  untuk lebih serius menekuni  pekerjaannya sehingga berdampak  kepada kesejahteraan mereka. Caranya dengan  membagikan bantuan bibit  sapi  maupun bibit palawija kepada para petani dan peternak. Lagu langkah pembinaan kepada peternak dan petani.

Demikian dikatakan Bupati Bangka Selatan Justiar Noer saat acara Gebyar Peternakan Kabupaten Bangka Selatan  2018 oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan  di Desa Fajar Indah Kecamatan Pulau Besar, Kamis (29/11/2018).

"Acara yang digelar DPPP Basel adalah  satu upaya Pemkab Basel untuk membangkitkan semangat para peternak dan petani dalam mengembangkan peternakan dan pertanian yang berujung pada kesejateraan peternak dan petani," kata Justiar. 

Pengembangan peternakan di Kabupaten  Basel, kata Justiar, selama 12 tahun terakhir masih dalam tahapan meningkatkan minat dan motivasi peternak. "Peran pemerintah sangat besar dalam meningkatkan populasi ternak dengan memberikan bantuan rutin kepada peternak sebagai modal untuk mengembangkan ternak baik yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, maupun APBD Kabupaten," kata Justiar.

Peran pemerintah tersebut lanjut Justiar membuat populasi ternak sapi dari tahun ke tahun terus meningkat. Pada tahun 2016 ada 1.263 ekor, tahun 2017 bertambah menjadi 1.366 ekor dan di tahun 2018 bertambah lagi menjadi 1.414 ekor. Namun penambahan populasi ternak sapi tersebut tidak  signifikan karena masih dibayangi permasalahan penjual sapi ternak di tingkat peternak dan juga sumber daya manusia yang masih sangat terbatas serta  pemotongan ternak guna memenuhi kebutuhan daging sapi diBangka Selatan.

Sedangkan dibidang pertanian kata Justiar saat ini Bangka Selatan memiliki cetak sawah seluas 13.289 Hektar, perkebunan sawit seluas 21.981 Hektar, perkebunan lada seluas 25.057 Hektar dan perkebunan karet seluas 23.758 hektar.

"Luasnya area pertanian tersebut dibutuhkan dukungan dari bidang lain untuk meningkatkan produktivitas pertanian salah satunya bidang peternakan dengan memanfaatkan kotoran ternak sebagai pupuk organik," ujar Justiar.

Sementara itu, Kepala DPPP Bangka Selatan drh. Suhadi dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris DPPP Basel Rizal berharap kegiatan Gebyar Peternakan mampu merangsang para peternak dan petani dalam meningkatkan populasi ternak sapi dan juga hasil pertanian.

"Melalui kegiatan ini para peternak nantinya mampu meningkatkan populasi ternak sapi dan juga hasil pertaniannya agar mimpi kita untuk memiliki pasar ternak dan lumbung pangan Babel dapat segera terwujud," harap Suhadi.

Saat  kegiatan tersebut diserahkan bantuan :

1. 28 ekor sapi dari Dinas Pertanian Provinsi Babel untuk 2 kelompok tani di Basel, 

2. 4 unit mesin pencacah rumput dari DPPP Basel untuk 4 kelompok tani di Basel, 

3. Bantuan 10 ekor sapi Bali jantan dari Kementan RI untuk Kelompok tani se Basel,

4. Bantuan bibit bawang  1,5 ton kepada  Gapoktan di Basel oleh Bupati Basel,

5. Bantuan 15,3 ton bibit jagung kepada Gapoktan Jaya Terus Desa Sumber Jaya Permai Pulau Besar oleh DPPP Basel, 

6. Bantuan 118,7 ton bibit padi hibrida kepada Gapoktan Bersatu Desa Sidoharjo Kecamatan Air Gegas oleh Dirjen Pembibitan dan Produksi ternak

Gebyar Peternakan Kabupaten Bangka Selatan tahun 2018 bertemakan kemajuan peternakan momentum peningkatan sumber daya pertanian dalam mensejahterakan peternak dan petani  juga di gelar berbagai kegiatan seperti kontes ternak sapi, pameran produk hasil pertanian dan peternakan, asah terampil, dan panen padet.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ir.Sugiyono,MP Direktur Perbibitan dan produksi ternak Dirjen peternakan dan kesehatan hewan Kementerian Pertanian RI, Gubernur Babel Erzaldi Rosman diwakili Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Yulizar Asnan, M.Si, Bupati Basel Drs.H.w Justiar Noer, ST,MM, M.Si,  Perwakilan Dandim 0413 Bangka, Kapolres Basel, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Kepala Balai Pengkajian Teknologi pertanian Babel, Sekda Kab. Bangka Selatan, Asisten dan Staff ahli Pemkab. Basel, Ketua TP PKK Basel Ekawati Justiar, Kepala OPD, Camat Se Basel, Perwakilan Gapoktan di Basel dan tamu undangan lainnya. (Adv)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE