Mantan Dirut Pertamina Jabat Kepala SKK Migas

Muri_Setiawan    •    Senin, 03 Desember 2018 | 13:44 WIB
Ekonomi
Dr. Dwi Soetjipto. (ist/twitter)
Dr. Dwi Soetjipto. (ist/twitter)

WOWBISNIS - Dwi Soetjipto, menjabat sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas). Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara resmi melantik Dwi, Senin (3/12/2018) di kantor Kementerian ESDM, Jakarta.

"Sebelum saya memulai saya ingin bertanya apakah anda bersedia diambil sumpah?" ujar Jonan.

Dwi Soetjipto menggantikan posisi Amien Sunaryadi yang telah purna tugas sejak November 2018. Amien mengakhiri masa jabatan setelah memimpin SKK Migas selama empat tahun sejak 2014.

Dwi sendiri adalah mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) periode Desember 2014-Februari 2017. Dwi Soetjipto sebelumnya dicopot dari Direktur Utama Pertamina pada 3 Februari 2017. Ia dicopot bersama dengan Ahmad Bambang yang merupakan Wakil Direktur Utama.

Pertamina dibawah kepemimpinan Dwi tercatat menorehkan pertumbuhan kinerja keuangan yang signifikan setelah dilakukan sejumlah efisiensi. Pada 2016, laba bersih Pertamina meningkat menjadi US$3,14 miliar dibanding tahun 2015 sebesar US$1,42 miliar. Padahal pendapatan Pertamina saat itu turun dari US$ 41,76 miliar menjadi US$36,45 miliar.

Sebelum duduk di kursi orang nomor satu di Pertamina, Dwi Soetjipto menjabat sebagai Direktur Utama Semen Indonesia.

Dwi Soetjipto meraih gelar insinyur dari Jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Dia kemudian melanjutkan studi S2 di Universitas Andalas Padang dengan meraih gelar Magister Manajemen dan mendapatkan gelar Doktor Ilmu Manajemen Kekhususan Manajemen Stratejik dari Universitas Indonesia (UI) pada 2009.

Di bidang organisasi, Dwi Soetjipto juga menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni ITS untuk perioe 2015-2019. Sebelumnya, Dwi juga pernah dinobatkan sebagai Alumni ITS terbaik karena kiprahnya yang bagus di perusahaan negara.

Selain Dwi, nama calon kuat lainnya yang muncul untuk memimpin SKK Migas, adalah Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Kemaritiman, Ridwan Djamaluddin. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL