Pengembangan SDM Harus Jadi Fokus

Jurnalis_Warga    •    Rabu, 05 Desember 2018 | 14:17 WIB
Nasional
Bupati Belitung Timur  dan Rektor Unpad memperlihatkan Mou yang baru ditandatangani.(ist)
Bupati Belitung Timur dan Rektor Unpad memperlihatkan Mou yang baru ditandatangani.(ist)

WOWMANGGAR -- Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad menyarankan agar Kabupaten Belitung Timur tetap mengutamakan pembangunan pada proses pengembangan SDM lokal. Karena selama ini banyak daerah yang punya potensi alam, namun mayoritas yang menikmati adalah masyarakat dari pendatang.

Penyebabnya adalah ketidaksiapan kemampuan SDM lokal. Sehingga begitu daerah maju dan ada investasi masuk, SDM yang ada hanya jadi penonton karena kalah bersaing dengan pendatang.

“Kunci kuatnya adalah pengembangan masyarakatnya. Jangan sampai Belitung punya sumber daya tapi yang menikmati orang lain, itulah dasar penguatan SDM,” kata Tri kepada Diskominfo Beltim, di ruang pertemuan rektorat Unpad, Senin (3/12). 

Tri yang sudah dua kali berkunjung ke Pulau Belitung itu mengatakan potensi sumber daya yang dimiliki oleh Kabupaten Beltim luar biasa. Untuk itu ia berharap dengan adanya MoU akan memiliki dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Beltim.

“Tentunya kerjasama ini harus bisa memperoleh kemaslahatan. Ada bukti nyata dalam tiga – empat tahun ke depan indeks pembangunan manusia atapun pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Beltim meningkat,” harap Tri.

Tri pun memuji langkah Kabupaten Beltim yang juga memfokuskan pembangunan pariwisata melalui pengembangan geopark. Menurutnya, Geopark sangat cocok karena selain punya potensi pariwisata, geopark juga berkomitmen untuk menjaga lingkungan dan pemberdayaan SDM lokal.

“Saya tadi berbicara de



1   2