Sensasi Kuliner Legendaris dan Gugusan Pulau Indah di Bangka

Endi    •    Selasa, 11 Desember 2018 | 20:55 WIB
Travel
Salah satu pantai di pulau Bangka. (wowbabel)
Salah satu pantai di pulau Bangka. (wowbabel)

WOWTRAVEL - Kepulauan Bangka Belitung memang terkenal akan keindahan alamnya yang eksotik dan unik, serta dikenal sebagai daerah penghasil timah kualitas nomor wahid di dunia. 

Namun di negeri kepulauan ini, tak melulu soal pantai dan timahnya. Ada banyak kuliner khas yang tak akan pernah dijumpai di daerah lain di Indonesia.

Inilah yang membuat Helmalia Putri, aktis ibukota selalu kangen akan Pulau Bangka. Apalagi dia sempat tinggal lama di Pangkalpinang. Berkesempatan kembali ke Pulau Bangka selama tiga hari, aktis cantik yang akrab disapa Puput Putri ini tak mau melewatkan kesempatan menikmati kuliner dan keindahan alam Bangka yang sudah lama tak pernah ia rasakan.

Mulai dari makanan tradisional Thew Fu Sui, hingga jelajah pulau-pulau kecil di Bangka Selatan, tak dilewatkannya.

"Dulu pernah minum ini (Thew Fu Sui), jadi tadi pas lihat ada yang jualan pengen beli, rasa enak banget," kata Puput, dijumpai saat menikmati Thew Fu Sui di pedagang kaki lima di Koba, Bangka Tengah belum lama ini.

Dalam kunjungannya kali ini, Puput tak sendirian, ia menyertakan kakak kandungnya. Mereka dibawa keliling ke sejumlah pulau-pulau kecil di Bangka Selatan oleh panitia Tour Tuorism 4 'Jelajah Pesona Nusantara 2018' bersama sejumlah pelancong lainnya dari berbagai daerah.

Sekitar tiga jam melalui jalur darat di Kota Pangkalpinang, rombongan pun tiba di Pelabuhan Sadai Toboali. Menggunakan perahu-perahu nelayan, para pengunjung dibawa mengitari pulau-pulau kecil di bagian Selatan Pulau Bangka ini. 

Lelah pun terbayarkan, oleh pemandangan unik nan indah dari gugusan pulau-pulau kecil yang sebagian besar belum berpenghuni itu.

"Wow, tadi kita sudah lihat pulau-pulau kecil di sini (Bangka Selatan), sangat indah dan harus tetap di explore," ungkap Puput.

Bangka Selatan saat ini memang getol mempromosikan potensi wisata mereka, apalagi salah satu kabupaten di Provinsi Bangka Belitung ini dianugerai banyak pulau dengan limpahan potensi di lautnya.

"Di Bangka Selatan ini ada 47 pulau kecil dimana hanya tujuh pulau yang berpenghuni," kata Kepala Dinas Pariwisata Bangka Selatan, Haris Setiawan.

Untuk mempopulerkan pariwisata di negeri Junjung Besaoh ini, harap Haris, akan ada investor yang membuka diri untuk berinvestasi. Dirinya yakin dengan potensi-potensi alam yang mereka miliki, Bangka Selatan layak dijadikan salah satu daerah tujuan wisata.

"Pulau-pulau itu sangat berpotensi untuk dikembangkan terutama wisata bahari, disana wisatawan bisa snorkeling, diving, memancing dan memang sangat berpotensi untuk dikembangkan," tukas Haris. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL