Pelanggaran APK Didominasi Caleg

Anjar Sujatmiko    •    Senin, 17 Desember 2018 | 16:30 WIB
Pilkada
Anggota Komisioner Bawaslu Kota Pangkalpinang, Novrian Saputra SE.(ist)
Anggota Komisioner Bawaslu Kota Pangkalpinang, Novrian Saputra SE.(ist)

WOWPOLITIK -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang meminta kepada seluruh partai peserta pemilu 2019 untuk segera menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang terpasang tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisioner Bawaslu Kota Pangkalpinang, Novrian Saputra.

"Hari ini (Senin-red) Bawaslu, melayangkan surat peringatan penertiban dan atau penurunan kepada partai politik terkait pemasangan alat peraga kampanye yang melanggar peraturan perundang undangan," ujarnya, Senin (17/12/2018).

Lanjut, Novrian mengatakan pihaknya memberikan waktu tiga kali 24 jam kepada seluruh peserta pemilu 2019 untuk membersihkan APK yang dipasang tidak sesuai aturan berlaku. Apabila hal tersebut juga tidak dilakukan, maka pihaknya bersama unsur terkait akan melakukan penertiban APK tersebut.

"Langkah selanjutnya dalam waktu tiga kali 24 jam Bawaslu bersama Satpol PP akan mengadakan penertiban dan atau penurunan terhadap APK yang melanggar dan tidak menertibkan atau menurunkan setelah dilayangkan surat peringatan," katanya.

Selama masa kampanye, Bawaslu Pangkalpinang mencatat banyak pelanggaran didominasi oleh caleg yang memasang di tiang listrik, pepohonan atau fasilitas pemerintah dan fasilitas pendidikan. Untuk itu, Novrian meminta kepada Parpol agar menegur para caleg nya agar tidak memasang APK diluar ketentuan aturan berlaku.

"Secara aturan kami menyurati partai politik. Karena



1   2