Jelang Natal dan Tahun Baru Harga Sembako Stabil

Jurnalis_Warga    •    Selasa, 18 Desember 2018 | 22:52 WIB
Ekonomi
Bupati Beltim saat berbincnag dengan salah seorang pedagang ayam di Pasar Lipat Kajang. (Fauzi Akbar/ Diskominfo Beltim)
Bupati Beltim saat berbincnag dengan salah seorang pedagang ayam di Pasar Lipat Kajang. (Fauzi Akbar/ Diskominfo Beltim)

WOWEKONOMI - Satu minggu jelang hari raya Natal dan dua minggu dua minggu jelang libur Tahun Baru, harga dan persedian barang kebutuhan pokok di Kabupaten Belitung Timur dinyatakan stabil dan aman. Kenaikan harga hanya dialami oleh telur ayam negeri dan cabai rawit.

Hasil pantauan Bupati Beltim, Yuslih Ihza, Wakil Bupati bersama Forkopimda dan Tim Monitoring dan Evaluasi Harga Bahan Kebutuhan Pokok Kabupaten Beltim di Pasar Lipat Kajang Manggar, Selasa (18/12/2018) menyatakan harga barang masih relatif stabil.

Berikut hasil pantauan harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Lipat Kajang Manggar. Beras premium Rp 12 – Rp 13 ribu perkilo, gula pasir Rp 11 ribu/kilo, minyak goreng Rp 10 – Rp 12 ribu/liter, daging sapi Rp 130 ribu/kilo, daging ayam Rp 42 ribu/kilo, cabai Rp 45 ribu perkilo, tepung terigu Rp 8 ribu/kilo, bawang merah Rp 30 ribu/kilo, kecang kedelai Rp 8 ribu/kilo dan telur Rp 1.800 per butir.

“Alhamdulillah pantauan kita hari ini, harga-harga barang kebutuhan masih stabil. Kita harap kondisi akan sama hingga awal tahun depan,” kata Yuslih.

Kenaikan harga hanya dialami oleh telur ayam negeri yang naik Rp 100 hingga Rp 200 per butir. Selain itu kenaikan harga juga dialami cabai rawit baik lokal maupun yang didatangkan dari luar Belitung.

“Gak jauh naiknya, masih bisa ditolerir. Cabai Belitong naik Rp 2 ribu perkilo, cabai luar Rp seribu,” ungkap Yuslih.   

Untuk persedian bahan pokok, Bupati menyatakan Pemkab Beltim bersama dengan Forkopimda siap menjamin ketersedian stok. Dengan kondisi cuaca yang baik, ia memperkirakan tranportasi barang tidak akan mengalami kendala.

“Kita jaminlah pedagang sama distributor kita minta juga untuk jaga stok. Jelang libur hari raya dan tahun baru stok barang juga aman,” ujarnya.

Namun diakhir peninjauannya Ia menekankan agar kebersihan pasar dapat dijaga. Mengingat saat dikunjungi, masih banyak genangan air dan sampah yang berserakan.

“Tolong itu dinas terkait, kasihan yang mau belanja ke pasar. Tadi saya dengar banyak konsumen yang terpeleset,” tutupnya. (fa/db)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL