Usulan Tambahan Gelar dan Perubahan Nama Caleg Ditolak

Tim_Wow    •    Senin, 24 Desember 2018 | 12:13 WIB
Lokal
ilustrasi
ilustrasi

WOWPEMILU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menolak usulan partai politik peserta Pemilu 2019 untuk penambahan gelar dan perubahan nama calon anggota legislatif DPRD Babel. Keputusan KPU Provinsi Babel sesuai dengan surat KPU Nomor 1484 yang menarik kembali keputusan KPU nomor 1.275 tahun 2018.

“Dari usulan partai politik peserta Pemilu 2019 paling banyak tambahan gelar pada DCT. Ada juga usulan perubahan nama tapi KPU tidak mengakomodir usulan itu, kecuali untuk perganti foto pada DCT. Keputusan ini sesuai dengan SK KPU RI,” ujar Pujiarti Anggota KPU Provinsi Babel, Senin (24/12/2018).

Sejak ditetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) yang masih memungkinkan dilakukan perubahan calon sebelum ditetapkan dalam DPT, KPU melakukan verifikasi dan validasi data para calon berasal dari data yang dimasukkan dalam Sistem Informasi Calon (Silon) oleh partai politik peserta Pemilu 2019 yang didaftarkan oleh KPU. Setelah itu, masih ada kesempatan bagi partai politik mengajukan usulan perubahan DCT khusus untuk perubahan foto.

Pujiarti merinci, usulan yang masuk ke KPU Provinsi Babel sebanyak 10 surat dari partai politik, lima usulan diantaranya untuk perubahan gelar pada nama caleg yang sudah ditetapkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT).  Ada lima surat usulan keterangan bahwa nama caleg dalam DCT meninggal dunia.

“Kalau usulan perubahan foto maupun keterangan meninggal dunia sudah ditetapkan dalam SK KPU Provinsi Babel tentang DCT Perubahan. Jadi yang meninggal tidak ada lagi dalam surat suara,” tukas Puji.

Sedangkan untuk DCT pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Bangka Belitung, KPU Provinsi mengakomodir untuk tambahan satu orang calon atas nama Hamzah sesuai dengan hasil rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Babel.

“Untuk calon DPD tambahan, kita memfasilitasi saja. Selanjutnya ditetapkan oleh KPU RI. Ada tambahan satu calon DPD atas nama Hamzah,” tukas Puji.

KPU Provinsi saat ini sedang dalam proses persiapan pencetakan surat suara untuk calon anggota DPRD Provinsi Babel dan anggota DPRD Kabupaten/Kota di Babel. Jumah surat suara sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan. (*)



MEDSOS WOWBABEL