Tips Membeli dan Memilih Beras yang Sehat

Tim_Wow    •    Senin, 07 Januari 2019 | 16:46 WIB
Lokal
ilustrasi (net)
ilustrasi (net)

TIPS,Wowbabel.com -- Beras merupakan kebutuhan pokok dan saat ini berbagai jenis beras sudah hadir dan muncul di tengah-tengah masyarakat dengan kualitas yang berbeda-beda.

Akan tetapi banyak pedagang yang menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis beras, salah satunya dengan cara mencampur beras kualitas baik dengan yang kurang baik atau dioplos. Bahkan ada pedagang yang menjual beras dengan berbahan plastik.

Agar tidak salah membeli beras, maka ada cara efektif yang bisa dilakukan sehingga tidak membahayakan anda dan keluarga tercinta.

Berikut tips memilih atau membeli beras yang baik dan sehat:

1. Perhatikan penampilan fisik beras yang akan dibeli

Pilih beras yang bersih, bebas dari kerikil, kotoran dan kutu. Hindari memilih beras yang terlalu putih, karena saat ini banyak beras yang mengandung pemutih dan berbahaya untuk kesehatan.

2. Jangan percaya harga murah

Pastikan membeli beras dengan harga yang wajar atau mengikuti harga di pasaran. Berhati-hati dengan beras berharga miring atau cukup murah, dikhawatirkan beras tersebut memiliki kualitas yang tidak baik atau bahkan dicampur dengan bahan-bahan lainnya yang tidak aman.

3.Perhatikan tekstur beras

Pastikan beras yang akan dibeli tidak mudah hancur atau patah ketika ditekan, karena beras yang mudah patah dan hancur ketika ditekan, itu berarti beras tersebut kondisinya sudah tidak baik. Cium aroma beras yang akan dibeli, jangan sampai berbau apek. Jika berbau apek, tandanya beras sudah terlalu lama disimpan.

Hindari membeli beras yang memiliki aroma terlalu harum, karena bisa jadi aroma yang keluar berasal dari pewarna buatan.

4. Remas beras

Remaslah beras yang akan dibeli, jika beras pada saat itu menempel pada tangan ketika diremas, maka itu tandanya beras tersebut mengandung pelicin.

5. Beli beras di toko terpercaya

Beli lah beras di toko kepercayaan anda guna menghindari salah membeli beras atau tertipu oleh pedagang yang curang.

Demikian tips memilih atau membeli beras yang berkualitas dan sehat. Semoga anda tidak terjebak atau tertipu. (dari berbagai sumber/*)

 



Tags :
TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL