[VIDEO] Punya MCK Sendiri, Ibu Ini Tidak Numpang Lagi ke Tetangga untuk BAB

Endi    •    Sabtu, 12 Januari 2019 | 19:17 WIB
Video Kite
Video pengecekan ke salah satu rumah warga penerima program bantuan pembangunan jamban. (wowbabel.com)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Sejumlah warga yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Jamban, membangun WC dan kamar mandi bagi warga miskin dan janda yang ada di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kendati baru dibentuk lima bulan lalu, forum ini sedikitnya telah membangun 16 jamban di Kelurahan Parit Lalang, Pangkalpinang.

Pembangunan jamban atau yang biasa disebut Mandi Cuci Kasus (MCK) ini, dilaksanakan secara gotong-royong dengan biaya swadaya anggota yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Jamban itu sendiri.

"Ini adalah bentuk kepedulian dari kawan-kawan Forum Masyarakat Peduli Jamban, mengingat Pangkalpinang sebagai pusat ibukota provinsi Bangka Belitung, masih terdapat kurang lebih 200 KK (kepala keluarga) warga miskin dan janda yang di rumahnya tidak ada WC," jelas Ketua Forum Masyarakat Peduli Jamban, Sarpin, Sabtu (12/1/2019).

Pembuatan jamban kemudian akan dilanjutkan secara bertahab di kelurahan lainnya di Pangkalpinang. Namun demikian, kata Sarpin, pihaknya tidak bisa kerja sendirian, mengingat masih cukup banyak warga yang membutuhkan bantuan itu. 

"Mereka ini sebagian masih numpang di tetangga, juga ada yang hanya menggunakan WC 'terbang' ini perilaku hidup yang kurang sehat dan tidak menunjang pola hidup sehat, makanya kita hadir dan masih banyak sekali masyarakat Pangkalpinang yang membutuhkan uluran semua pihak," ungkapnya.

Sarpin sadar betul tidak bisa membebankan segala persoalan sosial ke pemerintah. Untuk itu ia mengajak seluruh elemen masyarakat dapat melakukan hal serupa, sehingga kebutuhan warga miskin tersebut dapat terpenuhi.

"Kita dibantu kawan-kawan dari kader dari kesehatan kelurahan, juga bahu-membahu untuk mengatasi permasalahan seperti ini," katanya.

"Pemerintah tidak akan mungkin menyelesaikan semua persoalan karena keterbatasan anggaran, makanya kami ingin mengetuk hati masyarakat yang punya kemampuan, mari kita sama-sama memperhatikan warga di sekitar kita, apa salahnya kita gotong royong membantu mereka," imbuhnya.

 

Warga Terbantu

Try Kartini Putri, warga Kelurahan Parit Lalang, Kota Pangkalpinang, senang bukan kepalang, memiliki sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) di rumahnya.
Maklum saja, bertahun-tahun tinggal di rumah bersama suami serta orang tuanya, Putri dan keluarganya tak memiliki fasilitas MCK atau WC, layaknya rumah pada umumnya.

Ibu satu anak itu mengaku, keluarganya terkendala biaya untuk membangun WC di rumahnya dan terpaksa harus menumpang ke rumah sudara atau terkadang rumah tetangga untuk mandi ataupun buang air besar.

"Alhamdulillah terimakasih bantuannya kami sangat terbantu dengan kegiatan ini, karena sebelumnya untuk mandi dan buang air besar kami harus numpang. Mudah-mudahan banyak rumah-rumah lain juga mendapat bantuan seperti kami," ungkap Putri, Sabtu (12/1/2019).

Fasilitas MCK yang dimiliki keluarga Putri saat ini merupakan bantuan dari Forum Masyarakat Peduli Jamban di Pangkalpinang. Di kawasan Parit Lalang ini, 16 jamban telah dibangun di rumah warga miskin dan janda kurang mampu.

"Ini sebagai bentuk dukungan kita pada pemerintah untuk meciptakan kota bersih, indah dan bebas kumuh, semoga ini terus berlanjut karena masih banyak warga yang membutuhkan," kata Ketua Forum Masyarakat Peduli Jamban, Sarpin.

Sementara itu, Ketua Forum Kota Sehat Pangkalpinang, Indra Elizar mengungkapkan, pihaknya mendukung penuh kegiatan tersebut. 

"Kami sangat setuju sekali, kami inginnya dapat terus bekerjasama dengan forum ini bagaimana mendukung dalam membangun jamban masyarakat yang belum ada," harapnya.

Reporter : Tim Wowbabel
Editor : Muri Setiawa



MEDSOS WOWBABEL