Batu Kapur Membawa Berkah Bagi Sumi

Romy    •    Rabu, 23 Januari 2019 | 14:08 WIB
Lokal
Pantai Batu Kapur di Toboali, Bangka  Selatan (ist)
Pantai Batu Kapur di Toboali, Bangka Selatan (ist)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Keberadaan objek wisata Batu Kapur di Kabupaten Bangka Selatan perlahan berdampak terhadsap ekonomi warga sekitar. Dari sekedar penghasilan tambahan rumah tangga hingga sebagai penopang utama ekonomi keluarga.

Objek wisata Batu Kapur sejak pertama kali dibuka selalu ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi pada akhir pekan atau hari libur. Bagi warga yang bermukim di sekitar, objek wisata Batu Kapur telah membawa berkah tersendiri. Kehadiran pengunjung dimanfaatkan warga untuk mencari penghasilan tambahan sebagai pedagang hingga jasa parkir kendaraan.

Di kawasan sekitar Batu Kapur banyak warga yang membangun warung makanan dengan menu pempek, ikan, cumi bakar dan es kelapa muda sebagai pelepasan dahaga.

"Untuk peningkatan pendapatan Alhamdulillah , syukur juga setelah dibangun kita tidak jauh-jauh mencari mata pencaharian. Sebagai tambahan penghasilan keluarga," ungkap Sumiyanti yang biasa dipanggil Sumi (64) pedagang makanan dan minuman di kawasan Batu Kapur, Selasa (22/1/2019).

Sumi warga Toboali sekaligus pemilik warung makanan mengaku penghasilan dari usahanya meningkat jika saat libur akhir pekan lantaran banyak pengunjung ke lokasi Batu Kapur.

Sebagian pengunjung berasal sekitar Toboali, namun pada hari libur atau ada event seperti Toboali City on Fire pengunjung lebih banyak dari luar Kota Toboali seperti Sungailiat, Pangkalpinang bahkan dari luar Bangka Belitung.

"Kalau ada acara atau even lebih ramai pengunjungnya. Dagangan laris," ujar Sumi.

Sebagai pedagang yang sudah merasakan dampak ekonomi dari objek wisata, Sumi berharap pemerintah mengembangkan kawasan Batu Kapur dengan fasilitas taman bermain bagi anak-anak dan lainnya yang membuat pengunjung betah.

"Untuk pengembangan dari pemerintah agar membuat tempat hiburan untuk anak -anak , supaya mereka betah. Kalau sekarang mereka sudah makan pulang, tidak betah," tutur Sumi. Ditambahkan Sumi penghasilan dari berdagang makanan lumayan hingga mencapai kurang lebih dua juta rupiah sebulan.(rom)



MEDSOS WOWBABEL