Cuitan Kang Emil Soal Tol Ramai di Twitter

Tim_Wow    •    Rabu, 23 Januari 2019 | 16:35 WIB
Nasional
Ridwan Kamil. (twitter)
Ridwan Kamil. (twitter)

NASIONAL, www.wowbabel.com - Tagar (hastag) #RidwanKamilMenangkanJokowi menjadi trending topik  di twitter, Selasa (22/2/2019). Dalam 4 jam sudah 14,1 ribu cuitan. Berbagai meme dari kutipan Ridwan Kamil dikomen bahkan di retwitt ratusan nitizen.

Gubernur Jawa Barat biasa disapa Kang Emil ini sudah terang terangan mendukung Jokowi sebagai calon presiden pada Pemilu 2019. Saat kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Jawa Barat, Sabtu-Minggu (19-20/1/2019) Kang Emil ikut mendampingi Jokowi.

Pekikan “Timsus 1901 Juara….Ngabreeet (lari)…  terdengar berkali-kali, Minggu (20/1/2019) sebagai pertanda dukungan penuh para relawan kepada pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin saat pertemuan di Ciamis.

Ridwan Kamil, Ketua Dewan Pembina Timsus 1901 Jawa Barat, menyemangati langsung para relawan di Ciamis. Termasuk kepada sejumlah relawan daerah lain di Jawa Barat yang hadir.

“Berhasil tidak berhasil, wilayah Allah. Tugas kita manusia berikhtiar dan berdoa. Kalau sudah punya pilihan, maka kita ikhtiar saja. Begitupun untuk Pak Jokowi-Makruf Amin. Tipu muslihat akan terkalahkan,” ujar Ridwan Kamil.

Menurut pria yang disapa Kang Emil itu, hidup adalah pilihan. Ketika pilihan keliru menghasilkan yang kurang nyaman dan kurang optimal. Sebaliknya, pilihan tepat akan menghasilkan ketenangan. Sebagai ilustrasi tentang dukungan di pemilihan presiden tahun ini.

Dirinya pun kemudian menyebut tiga alasan mendukung Jokowi-KH Ma’ruf Amin. Sebagai pasangan calon (paslon) nomor 01.

“Mengapa saya mendukung? Pertama seorang presiden harus dua kali. Akal sehat saya berkata demikian,” jelas dia. Jika seorang presiden baru sekali menjabat kemudian diganti, kata dia, nanti pondasinya dibongkar lagi.

Menurut Emil, alasan kedua adalah ketenangan. Sebab, Jokowi didampingi KH Ma’ruf Amin yang seorang ulama. Artinya, setiap lisan dan perbuatan Jokowi akan dikawal ulama. Setiap kebijakan akan dinilai bermanfaat atau tidak bagi umat.

“Isu-isu yang selama ini jadi perdebatan akan dijaga oleh Pak Kiai Ma’ruf Amin. Paling nyaman dalam keislaman. Pribadinya (Kiai Ma’ruf) ada di panggung,” ucap Emil.

Ketiga, kata Emil, program Jokowi konkret. Contoh anggaran untuk desa sudah Rp70 triliun. Sudah jadi jalan desa, jadi usaha desa, dan masih banyak lagi. Berbeda dengan sebelumnya, ketika anggaran desa terbatas.

“Itu kinerja nyata. Di zaman beliau (Jokowi) Freeport direbut lagi. Cadangan minyak sudah kembali. Itu berdasarkan data,” terang dia.

Emil menegaskan, dirinya menyapa para relawan pendukung Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Ciamis sesuai aturan. Dilakukan di akhir pekan. Tidak menggunakan fasilitas negara.

Dari acara inilah kemudian #RidwanKamilMenangkanJokowi mulai viral. Apalagi seharai setelah mendampingi kunjungan Jokowi sempat terjadi diskusi di twitter antara Ridwan Kamil dengan Ferdinand Hutahean soal rencana pembangunan jalan tol

Berawal dari cuitan @ridwankamil : MACET BANDUNG-GARUT dan BANDUNG-TASIKMALAYA akan diselesaikan melalui proyek Jalan Tol CIGATAS (Cileunyi-Garut-Tasik), yg pencanangannya diumumkan Presiden Jokowi kemarin di Cibatu Garut. Hadiah utk warga Garut & Tasikmalaya. Pelaksanaannya Insya Allah tahun 2019 ini. #JabarJuara

Cuitan Kang Emil diretwit 2000 lebih netizen dn 5000 lebih yang suka. Salah satu niteizen yang menanggapi cuitan Kang emil Dickky Chandra, salah satu selebritis yang juga mantan Wakil Bupati Garut.

Dia sedikit 'mengoreksi' cuitan dari Kang Emil. Menurut Diky, proyek tol tersebut sudah lama direncanakan yaitu sejak dia masih menjabat di era Presiden SBY, dan Gubernur Ahmad Heryawan.

"Proyek ini sudah lama direncanakan sejak saya masih menjabat di era pa @SBYudhoyono gub @aheryawan kepala bapedaprovnya prof deni. Saat senang dan meminta agar mengantisipasi sektor ekonomi limbangan kersamanah yg nantinya tidak lagi jadi jalur lintas.sip," tulis dia lewat akun Twitter @dikychandra_.

Pendapat dari Diky tersebut banyak didukung oleh pengguna Twitter lainnya misalnya, Ahmad Fawas dengan akun @fawazstp. Dia menulis bahwa semua proyek itu berkesinambungan dan tidak dikerjakan hanya satu rezim.

"Jadi akuilah kinerja rezim sebelumnya sebagai bentuk etika @dikychandra_ @SBYudhoyono @aheryawan," tulisnya.

Cuitan inipun kemudian ramai. Sebagai dukungan terhadap Ridwan Kami, nitizen menggunakan #RidwanKamilMenangkanJokowi.

@KartikaRibet : Ramainya dukungan Ridwan Kamil terhadap Jokowi. Hal ini tentu saja membuat sebagian orang seperti cacing kepanasan. Bagaimana tidak, ketika pada Pilpres 2014 lalu Jawa Barat menjadi lumbung suara dari Prabohong, kini beralih dukungan kepada Pak Jokowi. #RidwanKamilMenangkanJokowi

@paula_oetomo  : Kalau sdh jadi mantan,tak usah disimpan simpan, tak perlu juga dikenang kenang. Jangan sampai kalah dgn yang cekatan mau membangun masa depan.....eeeaaaaa #RidwanKamilMenangkanJokowi

Hingga Selasa (22/2/2019) pukul 13.30 tagar ini bertahan di trending topik. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL