Mulkan : Kades dan BPD Harus Harmonis

Tim_Wow    •    Kamis, 24 Januari 2019 | 14:49 WIB
Lokal
Bupati Bangka membacakan sumpah dan janji jabatan BPD desa Petaling Banjar. (ist)
Bupati Bangka membacakan sumpah dan janji jabatan BPD desa Petaling Banjar. (ist)

MENDO BARAT, www.wowbabel.com – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di kabupaten Bangka, diminta mewujudkan kegiatan ekonomi kerakyatan, dengan menjalin kerjasama dan menjadi mitra Kepala Desa dalam suasana yang harmonis.

Hal itu diungkapkan Bupati Bangka, Mulkan, dalam sambutannya pada acara Pengambilan sumpah/janji dan pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masa bakti 2018-2024 Desa Petaling Banjar kecamatan Mendo Barat kabupaten Bangka, di Desa Petaling Banjar, Kamis (24/1/2019).

Dikatakan Mulkan, keharmonisan hubungan tersebut dapat diperoleh dengan cara saling menghargai satu sama lain, menjalin kebersamaan, keterbukaan dan transparan.

“Mudah-mudahan BPD yang baru ini, dengan dukungan masyarakat, dapat menjadikan desanya lebih maju lagi. Sehingga menjadi pondasi bagi keberhasilan pembangunan kabupaten Bangka yang kita cintai,” ungkap Bupati.

Dikatakan Mulkan, Desa memiliki pemerintahan sendiri dalam penyelenggaraan pemerintahan tingkatan desa, yang terdiri dari Kepala Desa beserta perangkat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan. BPD bersama dengan Kades berfungsi menetapkan peraturan desa dan berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat,” tandas Mulkan.

Pemerintahan desa, lanjut Mulkan, dituntut mampu menumbuh kembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan. Selain itu, pemerintahan desa juga dituntut mampu memberikan pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di desa.

“Hal ini akan mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi di kalangan masyarakat yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi yang lebih luas dalam seluruh bidang dan peri kehidupan masyarakat desa. Serta dapar mewujudkan visi kabupaten Bangka yakni Bangka Setara, yaitu menciptakan posisi kesejahteraan dan kesamaan tingkat harkat dan martabat, serta pemerataan keadilan dan tingkat kesejahteraan pembangunan ekonomi dan sosial bagi seluruh masyatakat,” paparnya.

“Bekerjalan dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebagai unsur pemerintahan desa, Kades dan BPD adalah mitra, untuk itu saudara harus dapat membangun komunikasi yang harmonis,” tambahnya.

Mulkan juga mewanti-wanti penggunaan dana desa. Jumlah Anggaran Dana Desa (ADD) untuk desa Petaling Banjar pada tahun 2019 mencapai Rp1,044 milyar lebih, serta dana desa mencapai Rp890juta lebih. (derika/pemkab bangka)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE