Pelaku Penipuan Berdalih Arisan Gunakan FB Dibekuk

Tim_Wow    •    Rabu, 06 Februari 2019 | 11:04 WIB
Lokal
Pelaku penipuan arisan online. (Ist)
Pelaku penipuan arisan online. (Ist)

Belitung, www.wowbabel.com - Petualangan seorang ibu rumah tangga  RA (35) berakhir. Aksi penipuan yang dilakukan  warga  Jl Fajar Pusaka Kelekak Usang, Tanjungpandan, Belitung dengan dalih arisan ini berhasil dibongkar polisi sebelum  korban  penipuan menggunakan media sosial  Facebook  (FB) berjatuhan.

Polisi menciduk RA  dari kediamannya, Sabtu (2/2/2019) setelah mendapat laporan dari  korban penipuan RA. Korban  yang dibujuk  RA melalui FB sudah  menyetor uang jutaan rupiah.

"Setelah diperiksa pelaku kita lakukan penahan di Polres Belitung karena pelaku telah memenuhi unsur penipuan,“ kata AKP Bagus Krisna Ekaputra.SIK Kasat Reskrim Polres Belitung dikutip dari reinstatement, Rabu (6/2/2019).

Bagus Krisna  menjelaskan pelaku menjaring korban dengan memanfaatkan facebook. RA menawarkan arisannya kepada korban dengan sistem yang menjanjikan. 

"Seolah-olah yang mengikuti arisan  ada 4 orang padahal orang pertama sampai ketiga adalah pelaku sendiri alias bodong agar korban percaya," ujar Bagus Krisna.

Korban sudah mendatangi RA dengan maksud agar mengembalikan uang arisan yang dia setor sebesar Rp3.750.000. Namun RA tak bisa membayar karena uang sudah digunakannya. Korban melaporkan peristiwa penipuan ke Polres Belitung.

Kerap  terjadinya aksi penipuan berkedok arisan ini Kasat Reskrim AKP Bagus Krisna mengimbau agar masyarakat khususnya kaum wanita atau ibu-ibu agar  berhati hati apabila ditawarkan arisan seperti ini.

“Apalagi ditawarkan sama orang yang dikenal hanya lewat media sosial, pastilah itu bermaksud untuk menipu. Sudah banyak kejadian penipuan yang sama berasal dari arisan model begini," tukas Bagus Krisna. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL