Jelang UNBK SMP/MTs, Ini Persiapan Dikpora Babar

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bangka Barat, Rukiman.(rul/wb)
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bangka Barat, Rukiman.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bangka Barat, Rukiman, memastikan pihaknya sudah siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP/MTs.

Rukiman menuturkan skema ujian terbagi dua yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), dan ini telah siap hampir 95 persen.

Rukiman juga mengungkapkan sejauh ini telah melaksanakan dua kali simulasi dan nanti akan dilakukan satu kali lagi simulasi di sekolah masing-masing menjelang ujian yang dimulai tanggal 22 April 2019 mendatang.

"Yang untuk tingkat SMA/SMK bukan kita yang menyelenggarakannya. Tapi SMA/ SMK juga pakai UNBK,  itu kewenangannya ada UPT, yakni cabdin  atau cabang dinas," imbuh Rukiman.

Rukiman menambahkan fasilitas sudah dipersiapkan untuk itu dan masih menggunakan peralatan tahun lalu, yakni laptop, komputer, dan server.

"Empat mata pelajaran untuk ujian nasional yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dengan Matematika. Sehari satu mata pelajaran," kata Rukiman.

Rukiman menyampaikan untuk mengantisipasi gangguan listrik pihaknya sudah mempersiapkan genset dari PLN dan ujian ini masih semi online.

Sementara itu data jumlah siswa SMP/MTS negeri maupun swasta yang akan mengikuti Ujian ini totalnya 3.073 siswa se-Bangka Barat. (rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL