KPU Pangkalpinang Belum Terima Surat Suara Pemilu 2019

Endi    •    Rabu, 20 Maret 2019 | 15:53 WIB
Lokal
Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Penti. (dag/wowbabel)
Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Penti. (dag/wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Satu bulan jelang pelaksanaan Pemilu serentak 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang belum menerima surat suara, baik surat suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/ Kota.

Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Penti mengatakan, tidak ada kendala berarti mengenai surat suara tersebut, hanya belum sampai saja kiriman dari pusat. Surat suara diperkirakan sampai ke Pangkalpinang, tanggal 22 Maret mendatang.

"Kita susah konfirmasi ke pihak ekspedisi sudah mulai jalan menuju Pangkalpinang, mudah-mudahan esok atau lusa sudah bisa sandar di Pelabuhan Pangkalbalam, karena estimasi mereka sekitar tiga atau empat hari baru bisa sandar," jelas Penti, Rabu (20/3/2019).

Penti memaparkan, untuk pelayaran pengangkut surat suara tersebut di bagi dua yaitu, dari Tanjung Periuk Jakarta Pelabuhan ke Pangkalbalam untuk wilayah Bangka dan dari Tanjung Priok ke Belitung untuk wilayah kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Sementara itu, kata Penti, pihaknya akan langsung melakukan pelipatan surat suara begitu sampai di Pangkalpinang, agar selesai tepat waktu.

"Begitu surat suara itu datang dan tidak terlalu malam, kita langsung lakukan pelipatan hari itu juga, tapi misalkan terlalu malam, mungkin paginya baru kita lakukan pelipatan dan sortirnya," ujarnya.

KPU Pangkalpinang, menargetkan, paling lambat satu minggu pelipatan surat suara selesai dilakukan.

"Kita hitung dulu kecepatan dari tenaga pelipat, dalam satu hari berapa ribu mereka bisa melipat surat suara, jika sedikit maka kita tambah lagi jumlah tenaga pelipat dan sortir surat suara. Satu mingguan harus selesai (Pelipatan), karena kita juga sudah jauh ketinggalan dari daerah lain," terangnya.

Jika surat suara tidak datang sesuai estimasi, KPU akan lebih dulu melakukan penyortiran surat suara sebelum melipatnya.

"Antisipasi kita salah satunya pelipatan dan sortiran, karena waktunya sudah mepet kita balik, jadi kita sortir dulu semua kerusakan nanti kerusakan itu langsung kita klaim ke pihak percetakan baru kita pelipatan," tukasnya.

Untuk tenaga pelipat dan penyortir surat suara, tambah Penti, pihaknya telah menyiapkannyan dengan melibatkan warga sekitaran kantor KPU.

"Tenaga pelipat dan penyortir surat suara sudah kita siapkan 40-50 orang, Tempatnya pelipatan nanti digudang kita di Gudang Subur," tandasnya. (dag/wowbabel)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL