Rumah Baca Atap Langit Kembangkan ‘Serbu’

Rumah Baca Atap Langit Desa Air Mesu Timur membuat Kompleks SERBU (Satu Rumah Sepuluh Buku).(ist)
Rumah Baca Atap Langit Desa Air Mesu Timur membuat Kompleks SERBU (Satu Rumah Sepuluh Buku).(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Rendahnya minat baca masyarakat memang menjadi kendala untuk menghidupkan rumahbaca di pedesaan. Pada dasarnya Pemuda Desa masih alergi dengan membaca. Kegiatan membaca hanyalah dorongan dan paksaan pada waktu masih sekolah. Kebiasaan masyarakat yang lebih suka pandang dengar daripada membaca dan menulis membuat buku tersingkir dari kehidupan mereka.

Banyak pemuda yang lebih memilih menonton TV daripada membaca buku. Membaca dan menulis bagi mereka adalah kegiatan yang tidak praktis dan membosankan. Hal ini karena tidak adanya upaya pembiasaan untuk membaca buku dari orang-orang terdahulu.

Ini menjadi tantangan sekaligus inovasi apa yg harus dilakukan oleh kawan-kawan di Rumah Baca Atap Langit Desa Air Mesu Timur Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bermodalkan keprihatinan terhadap rendahnya minat baca di masyarakat serta upaya dalam menciptakan masyarakat gemar membaca yang berkelanjutan, Rumah Baca Atap Langit Desa Air Mesu Timur membuat Kompleks SERBU (Satu Rumah Sepuluh Buku).

Satu Rumah Sepuluh Buku yang kemudian dikenal dengan SERBU adalah inovasi terbaik saat ini yang dikembangkan oleh kawan-kawan Rumah Baca Atap Langit dalam mengenalkan dan mendekatkan buku kepada masyarakat.

Sejak dijalankan pada akhir tahun 2017, sebanyak 82 kepala keluarga menikmati program SERBU.

"Sejak akhir 2017 sudah 82 kepala keluarga yg tersebar di 4 RT di Desa Air Mesu Timur, RT 02, RT 06, RT 08 dan RT 09 mendapatkan program SERBU Rumahbaca Atap Langit, Satu Rumah Satu Buku ini kami maknai suatu program setiap rumah dengan satu perpustakaan, sebagai strategi untuk menciptakan masyarakat gemar membaca sekaligus mendekatkan buku sedekat mungkin dengan masyarakat, " tutur Poni Auri selaku Founder Rumah Baca Atap Langit.

Sementara Hasanudin, Kepala Desa Air Mesu Timur, mengapresiasi dan mendukung kegiatan dari Rumahbaca Ataplangit Desa Air Mesu Timur.

“InsyaAllah kita akan membangun sinergi dimasa yang akan datang dengan membangun tempat - tempat baca atau pojok-pojok baca sekaligus yang di dukung oleh Wifi dan Komputerisasi agar generasi kita bisa mengenal teknologi dan memanfaatkan teknologi sesuai kebutuhan jaman, tidak menyimpang dari norma-norma agama,” kata Hasanuddin.

Hasanuddin menambahkan tujuannya agar generasi dan masyarakat dimasa depan bisa mampu bersaing seiring dengan kemajuan zaman dan masyarakat kita bisa berinovasi dari ilmu yang didapat baik yang bersumber dari buku bacaan maupun praktek dari teknologi komputerisasi yang disiapkan sehingga dimasa depan kreatifitas yang terarah dan terencana dan terprogram secara kesinambungan.

“Insya Allah akan kita bantu dari dana pemberdayaan ataupun pihak lainnya yang betul-betul dapat bermanfaat dan merubah hidup masyarakat sesuai visi misi kepala desa, Maju, Moderen dan Mandiri dalam bingkai Religius,” tukas Hasanuddin.(ril/*)



Tags :
TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL