Rapeda RZWP3K Tak Kunjung Selesai, Ternyata Ini Penyebabnya

Tim_Wow    •    Kamis, 21 Maret 2019 | 20:38 WIB
Lokal
Ketua DPRD Bangka Belitung, Didit Srigusjaya.(dok)
Ketua DPRD Bangka Belitung, Didit Srigusjaya.(dok)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Pembahasan Raperda Rencana Zona Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K), kembali digelar di Ruang Banmus DPRD Bangka Belitung (Babel) dengan melibatkan seluruh unsur yang telibat dalam pembahasan raperda tersebut, Kamis (21/03/2019) sore.

Usai pertemuan Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya menilai, banyak kepentingan pihak tertentu, yang menghambat penyelesaian Raperda RZWP3K.

"Setelah kita lihat ternyata memang ada hal-hal yang bersinggungan antara sektor-sektor lainnya, maka DPRD mengimbau Jangan memberi angin surga seakan-akan tidak punya problem. Karena kita lihat banyak problem ada yang bersinggungan dengan kepentingan, ada yang berhubungan dengan PLN, ada yang bersinggungan dengan pihak pertambangan ada yang bersinggungan dengan wisata, jadi kompleks permasalahannya," papar Didit.

Menurutnya, Pansus DPRD akan menyerahkan persoalan tersebut ke masing-masing kabupaten, untuk segera diselesaikan.

"Setelah dipaparkan oleh masing-masing dinas kita langsung menyerahkan kepada pihak kabupaten, karena ini urusan kabupaten walaupun dinas pertambangan merupakan wewenang dari pada provinsi," tutur Didit.

Pihaknya, tegas Didit, jika ingin Perda ini selesai maka minimal bisa mengurangi permasalahan-permasalahan yang selama ini terjadi.

"Sekarang yang menjadi pertanyaan kita perda zonasi ini disampaikan hanya untuk kepentingan aspirasi tertentu atau ada yang lain. Maka kita minta kedepannya kalau memang perda zonasi ini tujuannya pasca timah, mau nggak mau wisata dan kelautan harus ditonjolkan, kalau perda ini tujuannya hanya

untuk melegalkan pertambangan ya ini risikonya, maka kita berharap dalam pembahasan ini kita berbicara soal data-data," jelas Didit.

Pihak legislatif, kata Didit, menargetkan Raperda RZWP3K selesai sebelum habisnya jabatan anggota DPRD Periode 2014-2019.

"Kita berharap teman-teman kabupaten dan provinsi dapat bersinergi agar bisa menyelesaikan permasalahan dan pansus bisa mengakomodir usulan dari mereka," tukasnya.(dag)



MEDSOS WOWBABEL