10 Tahun Berdiri, Samsat Bersama Babar Belum Juga Berstatus Defenitif

Mulyadi selaku Kasi Penetapan, Pembukuan, dan Pelaporan UPT Bakuda Provinsi Babel Wilayah Kabupaten Bangka Barat.(rul/wb)
Mulyadi selaku Kasi Penetapan, Pembukuan, dan Pelaporan UPT Bakuda Provinsi Babel Wilayah Kabupaten Bangka Barat.(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- UPT Bakuda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah Kabupaten Bangka Barat mengungkapkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pembayaran pajak STNK di Bangka Barat cukup tinggi.

"Kalau tingkat partisipasi kita cukup tinggi, tergantung survei ya. Dapat kita lihat dalam bukti indeks kepuasan masyarakat dari survei kita tiap bulan" ujar Mulyadi selaku Kasi Penetapan, Pembukuan, dan Pelaporan UPT Bakuda Provinsi Babel Wilayah Kabupaten Bangka Barat saat ditemui wartawan di Kantor Bersama Samsat kabupaten Bangka Barat, Jumat (29/03/2019).

"Rata-rata hasil respon masyarakat itu cukup baik, sekitar delapan puluh dua sampai delapan puluh enam persen, surveinya tiap bulan,” imbuh Mulyadi.

Mulyadi mengakui jika Bakuda di Kantor Samsat Bersama kabupaten Bangka Barat ini statusnya belum definitive.

"Kita belum menjadi kantor defenitif sehingga penggantian STNK dan balik nama itu masih menginduk ke Samsat Sungailiat,” kata Mulyadi.

Lantaran status ini lah, Bakuda di kantor Samsat Bersama Kabupaten Bangka Barat tidak dapat mengambil keputusan dalam menetapkan STNK, balik nama, ubah bentuk, dan lainnya.

"Kami hanya melayani pembayaran pajak satu tahunan. Itu jadi kendala kami, tapi kan misalnya kalau untuk didorong Samsat untuk jadi definitif mudah-mudahan peningkatan pelayanan itu semakin meningkat," kata Mulyadi.

Mulyadi mengungkapkan untuk masalah status defenitif adalah kebijakan Pemprov Babel, pihaknya hanya sebagai pelaksana.

"Kita tidak bisa lari dari aturan, karena kordinator Samsat ini adalah kepolisian,” ujar Mulyadi.

Diakaui Mulyadi kondisi seperti ini sudah berlangsung selama sepuluh tahun, namun beberapa bulan belakangan ini sudah ada dorongan untuk menjadi kantor defenitif.

"Sudah ada upaya dari pihak-pihak terkait untuk menyegerakan Samsat ini definitive. Kami hanya melaksanakan perpanjangan tangan daripada provinsi yang di Bakuda terutama untuk melakukan pembayaran ulang pajak tahunan dari masyarakat,” tukas Mulyadi.(rul/wb)

 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL