Wabup Basel Imbau Masyarakat Aktifkan Siskamling

Riza Herdavid, Wakil Bupati Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)
Riza Herdavid, Wakil Bupati Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengimbau masyarakat di daerah itu untuk mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) guna mencegah terjadinya gangguan keamanan selama Pemilu 2019.

"Pengaktifan kembali Siskamling merupakan upaya swadaya masyarakat dalam menjaga lingkungan masing-masing yang akan sangat membantu tugas aparat dalam menjaga keamanan, terutama menjelang pemilu seperti saat ini," kata Riza di Toboali, Sabtu.

Ia mengatakan ketua RW atau RT diminta dapat mengatur masyarakatnya dengan cara menjadwal ronda setiap malamnya sehingga Siskamling yang sudah dibuat poskonya ada penjagaan setiap malamnya.

"Secara bergantian sesuai jadwal warga masyarakat dapat menjaga atau melakukan ronda di lingkungannya masing-masing," katanya.

Menurut dia, cara yang efektif untuk mencegah kejahatan adalah meningkatkan pengawasan oleh masyarakat yang melibatkan mereka sendiri mulai dari lingkungan masing-masing.

"Kalau masyarakat hanya mengandalkan aparat kepolisian dalam menjaga kamtibmas, tentu hasilnya tidak akan maksimal tanpa ada keterlibatan langsung dari masyarakat itu sendiri karena diketaui jumlah warga dijaga tidak seimbang dengan jumlah personel polisi," ujarnya.

Selain itu, pentingnya menghidupkan Siskamling saat ini tidak lain untuk mempersempit pergerakan pelaku kejahatan yang sering beraksi di wilayah Kabupaten Bangka Selatan.

"Kami berharap seluruh pihak termasuk penegak hukum dan masyarakat dapat bekerja sama dalam meningkatkan kamtibmas yang saat ini mulai menurun," katanya. (ADV)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL