Umat Khonghucu Pangkalpinang Rayakan Cheng Beng

Perayaan Cheng Beng di Perkuburan Sentosa, Pangkalpinang, Jumat (5/4/2019).(ist)
Perayaan Cheng Beng di Perkuburan Sentosa, Pangkalpinang, Jumat (5/4/2019).(ist)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Ribuan warga Tionghoa yang beragama Khonghucu di Kota Pangkalpinang saat ini sedang merayakan tradisi Cheng Beng ( sembahyang kubur--red ) bagi para leluhur mereka di Perkuburan Sentosa Pangkalpinang, Jumat (5/4/2019)

Cheng Beng atau sembahyang kubur, merupakan tradisi tahunan yang diselenggarakan umat Khonghucu sebagai bentuk rasa hormat serta ucapan syukur kepada leluhur.

Melvina atau yang akrab disapa Su Hung , mengungkapkan jika sembahyang kubur merupakan tradisi tahunan warga Tionghoa yang digelar setiap tanggal 4 dan 5 April.

"Ini tradisi tahunan kami , sebagai bentuk ucapan syukur serta pengingat akan jasa leluhur kami. Karena kami bisa seperti ini, berkat para leluhur kami yang terdahulu," ungkapnya.

Sebelum melaksanakan puncak sembahyang Cheng Beng, umat Khonghucu melakukan bersih-bersih kubur serta menyiapkan berbagai macam makanan , sayuran dan buah buahan terbaik sebagai persembahan.

Cheng Beng atau sembahyang kubur di Bangka Belitung kini menjadi wisata sejarah sekaligus wisata religius umat Khonghucu. Pada moment Cheng Beng inilah mereka yang merantau keluar kota bahkan keluar negeri akan pulang , dan kembali ke kampung halaman para leluhur untuk memberi penghormatan serta persembahan atas nikmat dan rahmat yang mereka terima hingga saat ini.(*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL