Lomba Partisipasi Pemilih dan TPS Cantik

Tim_Wow    •    Minggu, 07 April 2019 | 16:05 WIB
Lokal
Simulasi pencoblosan dan perhitungan pemungutan suara yang digelar Polres Belitung beberapa waktu lalu.(dag/wb)
Simulasi pencoblosan dan perhitungan pemungutan suara yang digelar Polres Belitung beberapa waktu lalu.(dag/wb)

TANJUNGPANDAN, www.wowbabel.com -- Sebuah TPS cantik lengkap dengan para petugas TPS berbusana adat dari berbagai daerah ditampilkan oleh Polres Belitung beserta jajarannya belum lama ini, dalam sebuah simulasi pengamanan serta sosialisasi lomba partisipasi pemilih antar TPS dan lomba TPS cantik.

TPS tersebut dibuat lengkap dengan logistik pemilu seperti bilik pencoblosan, kotak suara, hingga papan pengumuman daftar pemilih tetap (DPT).

Kapolres Belitung, AKBP Yudhis Wibisana, mengatakan kegiatan sengaja dibuat seperti bentuk sesungguhnya dan dilakukan simulasi pungut hitung suara untuk memberikan gambaran yang lebih kongkrit bagi seluruh petugas, terutama pengamanan TPS dalam menjalankan tugasnya pada saat pungut hitung suara 17 April mendatang.

 "Ini merupakan kegiatan simulasi untuk memberikan bayangan kepada anggota yang akan melaksanakan pengamanan TPS, juga kepada KPPS yang akan melaksanakan kegiatan pemungutan suara di TPS nanti pada tanggal 17 April 2019, walaupun mereka sudah mendapatkan pelatihan dari KPU Namun kami simulasikan secara real nyata di lapangan," jelas Kapolres.

Dengan adanya pengamanan yang maksimal, diharapkan tidak ada pihak-pihak yang mencoba untuk mengganggu jalannya proses pemungutan suara ataupun antisipasi terhadap pihak-pihak yang ingin melakukan intimidasi kepada masyarakat pemilih, yang hendak ke TPS menyalurkan hak suaranya.

 Selain itu simulasi ini juga bertujuan untuk menciptakan suasana yang menggembirakan, selama berlangsungnya pesta demokrasi pemilu 2019, sehingga masyarakat mau berbondong-bondong mendatangi TPS dan menggunakan hak suaranya.

Ada beberapa hal yang berbeda dalam Pemilu tahun ini, kita dari Polres Belitung mengadakan kegiatan proaktif, preventif dan prentif, dengan memberikan motivasi kepada KPPS untuk menghias TPS senyaman mungkin, seunik mungkin, sebagus mungkin, dan mengangkat kearifan lokal dengan petugas KPPS menggunakan pakaian adat yang ada di Belitung ini, sehingga pada saat nanti pesta demokrasi dapat terlaksana dengan meriah untuk menghilangkan rasa takut atau yang lain-lain, untuk mengundang juga masyarakat agar lebih senang datang ke TPS," papar Kapolres.

 Pada pelaksanaannya nanti, diharapkan warga mau membuat dan menghias TPS se-indah mungkin, karena akan diperlombakan demikian juga dengan TPS yang berhasil mencapai angka partisipasi pemilih tertinggi dibanding TPS lainnya.

 "Dan ini diperlombakan dan sudah kami sampaikan kepada Bupati dan ketua KPU, mereka yang dianggap paling bagus dan unik TPSnya dan angka partisifasi pemilih tinggi, akan mendapat hadiah," tukasnya.(dag/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL