Desa Serdang Panen Perdana Padi Varietas Demplot

Panen raya perdana padi sawah Gapoktan Serdang Jaya II Dsn Limus desa Serdang, TOBOALI kabupten Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)
Panen raya perdana padi sawah Gapoktan Serdang Jaya II Dsn Limus desa Serdang, TOBOALI kabupten Bangka Selatan. (Astoni/wowbabel)

TOBOALI, www.wowbabel.com - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Serdang Jaya II Dusun Limus, Desa Serdang Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan,  melakukan panen raya Perdana Padi Sawah diatas lahan fungsional seluas 12 hektar, Senin (8/4/2019).  

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Bangka Selatan, Suhadi sangat mengapresiasi kegiatan panen raya ini. Menurutnya, keberhasilan petani tidak terlepas dari kerjasama dan pembinaan oleh BPP dan PPL.

"Dan ini sangat diharapkan indek  pertanaman (IP) dari 1 kali tanam menjadi 2 atau 3 kali tanam setahun, untuk mewujudkan tanam dan panen 2 kali  setahun diperlukan peningkatan SDM  petani agar lebih maju  dalam budidaya pertaniannya," ujar Suhadi.

Bahkan menurutnya, guna mewujudkan hal itu, petani perlu didukung dengan peralatan atau mesin pertanian yang memadai untuk menunjang peningkatan produktivitas persawahannya.

"Selain itu petani juga bisa diarahkan  menggunakan bibit padi unggul nasional dan unggul lokal dalam budidaya," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, mewakili Kepala BPP Toboali Suyanto mengatakan bahwa Gapoktan Serdang Jaya II Desa Serdang  beranggotan 72 orang yang masing-masing menggarap satu petak, lahan tersebut memiliki lahan sekitar 200 hektar sudah tanam dari luas lahan 900 hektar yang baru panen perdana 12 hektar.

"Hasil ubinan BPP dan BPS di lahan itu saat ini adalah 7,2 ton per hektar," ungkap Suyanto didampingi PPL setempat, Ahsani Takwin, Kader Serdang Apendi. 

Ia menuturkan bahwa, varietas padi yang dibudidaya oleh BPP Dusun Limus Desa Serdang  Varietas  demplot dengan produksi 7,2 ton/hektar. 

Kepala Desa Serdang Apendi mengucapkan terima kasihnya kepada masyrakat petani yang telah berusaha menyukseskan tanam perdana padi demplot yang membuahkan hasil cukup maksimal. 

"Kedepan teman-teman lain agar bisa sama-sama kompak menanam, jangan sampai ada yang panen dan ada yang belum, semuanya diharapkan kompak masa tanam, dan bagi sawah-sawah yang ada ini jangan sampai tidak digarap oleh warga. Inilah hasil pokok kita yang dihadapi sehari-hari, maka sawah kita sudah dibangun sejak tahun kemaren agar diusahakan tanam," harapnya.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris DPPP Basel, Rizal juga menyerahkan Mesin  Komben pemanen padi bantuan pemerintah pusat kepada Ketua Kelompok Gapoktan Serdang Jaya II Desa Serdang Karjono Alias Bagong.

Pada kesempatan ini, turut hadir Ketua Tim penggerak PKK Basel, Ekawati Justiar. (Adv/Astoni)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL