Hilirisasi Produk Lokal Kunci Menangkan Persaingan E-Commerce

Endi    •    Kamis, 11 April 2019 | 19:10 WIB
Ekonomi
Kepala BI Perwakilan Bangka Belitung, Tantan Heroika. (wowbabel)
Kepala BI Perwakilan Bangka Belitung, Tantan Heroika. (wowbabel)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com - Era keterbukaan perdagangan dunia yang lebih populer disebut e-commerce, menempatkan bangsa Indonesia pada posisi yang sangat menguntungkan.

Inovasi dan kreativitas dalam menciptakan hilirisasi produk dengan disertai pembatasan penjualan bahan baku, dinilai akan membuat produk-produk dalam negeri dapat memenangkan persaingan Global di pasar digital.

Apalagi saat ini Indonesia sudah meluncurkan satelit Palapa Ring, di mana infrastruktur internet yang menjadi potensi utama perdagangan elektronik atau e-commerce, akan membuat konektivitas dan akses bagi produk-produk dalam negeri untuk dapat secara langsung dipasarkan kepada pembeli akhir.

Hal ini disampaikan oleh ahli e-commerce association, Muhammad Rosihan, dalam diskusi yang diselenggarakan Bank Indonesia perwakilan Bangka Belitung, dengan tajuk Babel komersial forum 2019, belum lama ini di Pangkalpinang.

Diakui Rosihan tantangan terbesar untuk melakukan hilirisasi produk ini adalah keterbatasan kualitas sumber daya manusia yang seharusnya dapat diatasi dengan melaksanakan sharing dan berbagi informasi, serta membangun komunikasi dengan pelaku-pelaku perdagangan e-commerce dengan produsen yang ada di daerah-daerah, untuk meningkatkan nilai tambah melalui hilirisasi produk yang akan diperdagangkan

"Hal yang terpenting yang harus kita perhatikan adalah nilai tambah produk lokal, bentuknya melakukan hilirisasi produk-produk lokal itu bisa dijual kepada konsumen akhir," kata Rosihan.

Untuk itu, ia mengajak masyarakat terutama pelaku usahan UMKM untuk meningkatkan kualitas prodak mereka.

"kita harus mulai berfikir untuk tidak menjual barang mentah atau setengah jadi, tapi mulai saatnya kita belajar meningkatkan produk lokal kita menjadi produk jadi yang bisa langsung kita jual kepada konsumen akhir," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BI Perwakilan Bangka Belitung, Tantan Heroika, mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk mengedukasi masyatakat, terutama pelaku UMKM dan mahasiswa.

"Mengedukasi masyarakat untuk bangga menggunakan produk lokal, di sisi lain UMKM yang ada di Indonesia penting memanfaatkan e-commerce ini, sehingga masyarakat bisa lihat kualitas yang dijual. Kita harapkan masyarakat dapat memanfaatkan e-commerce ini, sehingga bisa meningkatkan penjualan mereka," tukas Tantan. (wowbabel)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL